Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Galaxy S8 dan S8 Plus Dilaporkan Tak Bisa Terima SMS

Kompas.com - 11/10/2017, 18:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reddit.com

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Galaxy S8 dan S8+ melaporkan pesan SMS mereka lenyap begitu saja. Bukan satu SMS saja, melainkan seluruh percakapan sebelum-sebelumnya.

Kasus ini terjadi di sejumlah negara, seperti di Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia, Perancis, dan Inggris. Belum ada laporan kasus serupa yang berasal dari negara Asia, termasuk Indonesia.

Kemungkinan, ada bug di protokol SMS perangkat galaxy S8 dan S8+, yang fungsinya mengirim pesan teks melalui jaringan seluler.

Kasus ini juga sedang ramai dibicarakan di situs Reddit. Menurut pengalaman pengguna Galaxy S8, mereka bisa berkirim SMS, dan diterima oleh tujuan, namun tidak bisa menerima dan melihat pesan masuk.

Baca: Dijual Mahal, Samsung Galaxy Note 8 Lebih Laku dari Galaxy S8

Belum ada tanggapan resmi dari Samsung atas kejadian ini. Belum diketahui juga peyebabnya, sehingga cara untuk mengatasinya secara permanen pun belum ditemukan.

Namun sejumlah pengguna mengatakan berhasil mengatasi kendala ini dengan menon-aktifkan (disable) aplikasi text Messages, dan menghapus Android Messages dari fitur menu optimasi baterai di Galaxy S8.

Trik lain yang disebut manjur oleh pengguna adalah dengan memasang SIM card ke smartphone lain. Baru pesan-pesan SMS bisa masuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reddit.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com