Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 8 dan iPhone X Segera Dijual Resmi di Indonesia?

Kompas.com - 12/10/2017, 08:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple diperkirakan bakal segera meluncurkan iPhone 8 dan iPhone X di Indonesia. Hal ini terindikasi dari perkembangan proses perizinan untuk kedua tipe smartphone itu yang tengah dibuat di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kepastian soal adanya pengurusan perizinan tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika I Gusti Putu Suryawirawan saat dihubungi oleh KompasTekno, Kamis (12/10/2017).

"Saat ini PT. Apple Indonesia sedang mengurus Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk tipe-tipe itu (iPhone 8 dan iPhone X), sesuai Permenperin No. 29 tahun 2016," ujar pria yang akrab disapa Putu itu kepada KompasTekno melalui layanan pesan singkat.

"Sertifikatnya diperkirakan akan terbit dalam waktu dekat," imbuhnya.

Baca: iPhone X Laku, Samsung Untung Banyak

Sertifikat TKDN dari Kemenperin merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan agar Apple diziinkan menjual iPhone 8 dan iPhone X secara legal di Indonesia.

Meski sudah hampir memenuhi satu persyaratan, iPhone 8 dan iPhone X tampaknya baru akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Apple masih harus mengurus beberapa sertifikasi lagi sebelum diperbolehkan menjual kedua perangkat tersebut secara resmi di Tanah Air.

Apple masih harus menguji perangkat di balai uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Telematika (Ditjen SDPPI). Selanjutnya, baru Apple dapat mengurus perizinan untuk memasukkan atau impor iPhone 8 dan iPhone X ke Indonesia.

iPhone X, yang merupakan smartphone kelas tertinggi dari Apple, dibekali dengan desain layar depan yang nyaris tanpa bezel, Face ID atau fitur sensor pemindai wajah untuk membuka kunci, layar OLED yang sanggup menampilkan mode HDR, serta kamera dengan portrait mode dan animoji.

Sedangkan iPhone 8 dan 8 Plus, seolah hanya terlihat sebagai pembaruan internal dari iPhone 7 dan 7 Plus. Secara keseluruhan smartphone ini masih mengusung desain serupa dengan sedikit perubahan pada jeroan internalnya, yakni prosesor A11 Bionic baru, tambahan fitur pada layar, memori internal, RAM, dan fitur kamera.

Baca: Membandingkan Spesifikasi iPhone X, iPhone 8, dan Galaxy Note 8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com