Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tali Apple Watch Bakal Bisa Longgar dan Kencang Otomatis?

Kompas.com - 12/10/2017, 13:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com - Tali alias band untuk arloji pintar Apple Watch bakal lebih praktis dan canggih. Apple baru saja mendaftarkan paten yang memungkinkan band Apple Watch secara otomatis memperlonggar atau mengencangkan lilitan ke pergelangan tangan.

Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi menyetel band secara manual agar terasa pas. Paten yang diajukan Apple ini bertajuk "dynamic fit adjustment for wearable electronic device" atau lebih kurang artinya "penyesuaian (tali) dinamis untuk wearable".

Band canggih tersebut tentu memiliki mekanisme yang kompleks, bukan sekadar band berbahan karet atau kulit yang selama ini digunakan pada Apple Watch.

Pada dokumen paten, disebutkan band bakal disematkan kabel yang berkontraksi dengan sinyal listrik untuk mengencangkan atau melonggarkan lilitan. Kabel tersebut memiliki memori kecil untuk merekam ukuran lilitan yang pas di tangan pengguna.

Baca: Pengguna di Indonesia, Jangan Beli Apple Watch 3 Sekarang!

Band juga bakal terhubung dengan data biometrik pada Apple Watch. Ketika melilitkan band, layar Apple Watch bakal memperlihatkan grafik lemah untuk lilitan longgar dan grafik intens untuk lilitan ketat.

Paten ini menandai ide segar dari Apple. Bukan hanya berinovasi dari segi spesifikasi perangkat dan desain, tapi juga fungsi elemen pelengkapnya yakni band.

Kendati begitu, perlu dicatat bahwa paten ini masih berbentuk dokumen semata. Paten biasanya direalisasikan, tapi tak menutup kemungkinan hanya berakhir sebagai paten saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (12/10/2017) dari Ubergizmo

Apple pun belum tentu menyematkannya pada Apple Watch berikutnya. Sebab, paten tersebut tak spesifik menyebut "Apple Watch" melainkan perangkat "wearable". Kita tunggu saja kejutan dari Apple untuk implementasi paten teranyarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com