Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tiga "Stik" Baru untuk PlayStation 4

Kompas.com - 13/10/2017, 12:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Controller DualShock milik konsol game PlayStation 4 (PS4) memiliki desain ikonik yang telah bertahan selama 4 generasi sejak PlayStation pertama di tahun 1997.

Meski demikian, Sony selaku empunya PlayStation rupanya memandang rancangan controller kurang cocok bagi gamer yang memiliki tangan berukuran kecil, misalnya anak-anak.

Pabrikan Jepang tersebut pun pekan ini memperkenalkan tiga jenis controller PS4 baru yang khusus dirancang berukuran ringkas untuk gamer bertangan mungil.

Masing-masing dari ketiga controller itu diproduksi oleh rekanan pihak ketiga yang berbeda dan telah mendapat lisensi dari Sony. Dua controller dikategorikan sebagai “compact controller”, sementara yang ketiga disebut “mini gamepad”.

“Tiap controller memiliki kendali dasar, termasuk sepasang stik analog, tombol ara, trigger, bumper dan L3/ R3, share, options, OS, dan tombol actions,” sebut Sony dalam sebuah posting pengumuman.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Jumat (13/10/2017), controller pertama bernama  Nacon Wired Compact Controller yang dilengkapi touchpad, jack headphone, dan LED yang bisa menampilkan informasi dalam game seperti health points atau nomor pemain.

Controller kedua adalah @Play Wired Compact Controller dengan skema warna two-tone, jack headphone, dan touch pad. Tombol arahnya (D-pad) berbentuk bundar.

Ketiga, Hori Wired Mini Gamepad, memiliki desain yang paling berbeda dan khusus dirancang untuk gamer muda. Tak ada sepasang tangkai untuk genggaman tangan di bagian bawah.

Di permukaannya pun tidak ada touchpad. Untuk menyimulasikan gestur jari, gamer bisa menekan sebuah tombol di muka Hori Wired Mini Gamepad lalu menggerakkan stik analog.

Ketiga controller baru rencananya akan mulai dirilis di Eropa pada November mendatang. Belum ada informasi harga atau jadwal kedatangannya di wilayah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com