Western Digital Bikin Harddisk 40 TB dengan Microwave - Kompas.com

Western Digital Bikin Harddisk 40 TB dengan Microwave

Oik Yusuf
Kompas.com - 15/10/2017, 16:07 WIB
Ilustrasi head harddisk berteknologi microwave-assisted magnetic recording yang sedang dikembangkan Western Digital.Western Digital Ilustrasi head harddisk berteknologi microwave-assisted magnetic recording yang sedang dikembangkan Western Digital.

KOMPAS.com - Berapa kapasitas terbesar sebuah harddisk saat ini? Sejumlah pabrikan seperti Seagate dan Western Digital sudah menyentuh kisaran 12 terabyte (TB) lewat produk masing-masing.

Ke depan, angka tersebut bakal makin meningkat seiring dengan penerapan teknologi baru untuk mendongkrak kapasitas, misalnya microwave-assisted magnetic recording (MAMR) .

Teknologi yang dikembangkan oleh Western Digital ini diklaim mampu menghasilkan harddisk dengan luas ruang storage mencapai 40 TB (40.000 gigabyte).

“Komersialisasi teknologi MAMR akan membuka jalan bagi kepadatan media yang lebih tinggi, sekaligus ongkos produksi per terabyte yang lebih rendah untuk harddisk,” ujar VP Research Western Digital John Rydning, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (15/10/2017).

Western Digital tengah mengembangkan head (unit pembaca dan perekam data) harddisk jenis baru yang bernama “spin torque oscillator”.

Head ini menghasilkan medan microwave yang memungkinkan data ditulis di medium magnetik (piringan harddisk) dengan medan magnet yang lebih rendah dibanding harddisk konvensional.

Alhasil, Western Digital mampu memadatkan lebih banyak data di luas area fisik yang sama, mencapai lebih dari 4 terabit per inci persegi.

Untuk mengurangi turbulensi udara dari pergerakan komponen, Werstern Digital bakal mengisi ruang internal harddisk dengan gas helium, seperti yang sudah diterapkan di lini produk harddisk enterprise besutannya saat ini.

Western Digital mengatakan bahwa harddisk berteknologi MAMR akan mulai muncul untuk pasar data center pada 2019. Sementara, kapasitas 40 TB ditargetkan akan tercapai pada 2025 mendatang.  

PenulisOik Yusuf
EditorOik Yusuf
SumberENGADGET
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM