Baru Sebulan, Populasi iOS 11 Sudah Lewati iOS 10 - Kompas.com

Baru Sebulan, Populasi iOS 11 Sudah Lewati iOS 10

Oik Yusuf
Kompas.com - 16/10/2017, 09:44 WIB
iOS 11Apple iOS 11


KOMPAS.com -
Tiga pekan berlalu semenjak Apple merilis update iOS 11. Dalam waktu kurang dari sebulan tersebut, populasi iOS 11 di kalangan pengguna gadget Apple ternyata sudah berhasil melewati versi sebelumnya, iOS 10.

Data dari Mixpanel menunjukkan bahwa 48,64 persen pemilik iPhone dan iPad sudah menggunakan iOS 11, dibandingkan 45,39 persen yang masih bertahan dengan iOS 10. Sistem operasi yang lebih tua dari iOS 10 hanya digunakan oleh 6,7 persen perangkat.

iOS 11 tersedia untuk semua model iPhone mulai iPhone 5S atau yang lebih baru, sementara versi iPad yang didukung mulai iPad Air/iPad Mini 2 atau yang lebih baru. Dengan kata lain, gadget Apple yang berumur empat tahun masih bisa menjalankan OS ini.

Data adopsi iOS 11 dibandingkan dengan iOS 11, berdasarkan catatan Mixpanel.Mixpanel Data adopsi iOS 11 dibandingkan dengan iOS 11, berdasarkan catatan Mixpanel.

Apple menambahkan sejumlah fitur baru di iOS 11, termasuk kemampuan screen recording, serta control center dan drop-down notification baru. Ada juga sejumlah bug yang kemudian diperbaiki lewat rilis iOS 11.0.1, 11.0.2, dan terakhir 11.0.3 yang muncul pekan lalu.

Bagaimana dengan Android? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (16/10/2017), data Google per 2 Oktober 2017 menunjukkan bahwa angka penggunaan Android 7 Nougat baru mencapai 16 persen dari keseluruhan populasi perangkat Android.

Versi terbaru OS mobile besutan Google tersebut, Android 8 Oreo, masih mencatat angka di bawah 1 persen  (0,2 persen) lantaran memang baru tersedia untuk segelintir perangkat saja, meski sudah dirilis pada Agustus lalu, lebih awal dari iOS 11.

Data distribusi versi OS Android, per 2 Oktober 2017.Google Data distribusi versi OS Android, per 2 Oktober 2017.
Jeda yang lebar antara angka adopsi iOS dan Android ini wajar saja dan selalu terjadi lantaran ekosistem Android terfragmentasi dengan banyak pabrikan perangkat yang ikut serta.

Update OS Android mesti disalurkan oleh masing-masing pabrikan. Kalaupun bersedia menyalurkan pembaruan, tak semuanya sigap memberikan OS teranyar  dengan cepat,

Sebaliknya, ekosistem iOS dikuasai secara end-to-end oleh Apple yang memproduksi semua hardware dan sistem operasi.

Apple selaku pabrikan tunggal pun lebih mudah membuat update yang sesuai untuk semua perangkat dan menyalurkannya dalam waktu singkat.

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM