Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Segera Perkenalkan Bixby Generasi Kedua?

Kompas.com - 16/10/2017, 12:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung pertama kali memperkenalkan teknologi asisten virtual besutannya, Bixby, pada duo smartphone Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang meluncur awal tahun ini.

Debut Bixby kurang mulus lantaran diwarnai sejumlah permasalahan seperti dukungan bahasa Inggris yang tertunda hingga dua bulan. Sambutan pasar pun relatif adem ayem karena teknologi serupa sudah banyak beredar sebelumnya.

Mungkin karena itulah, Samsung disinyalir bakal segera memperkenalkan versi baru dari Bixby pekan depan, tepatnya dalam acara konferensi developer Samsung di San Francisco, Amerika Serikat, pada 18 Oktober mendatang.

Bixby 2.0 diprediksi bakal memiliki integrasi dengan layanan-layanan pihak ketiga dan perangkat digital lain di luar smartphone.

Sebelumnya, kepala bisnis mobile Samsung Koh Dong-jin mengakui bahwa kemampuan Bixby memang masih perlu ditingkatkan.

Koh pun memberikan indikasi bahwa pihaknya bakal mengumumkan Bixby generasi berikutnya. “Kami akan melengkapi apa yang kurang dari Bixby 1.0 di Bixby 2.0,” ujarnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Korea Herald, Senin (16/10/2017).

Pekan lalu, Samsung juga menunjuk wakil kepala Samsung Research America, Chung Eui-suk, untuk memimpun service intelligence group di kantor pusat di Korea Selatan. Grup ini bertanggungjawab menangani pengembangan Bixby dan layana lain yang berbasis artificial intelligence.

Penunjukkan Eui-suk ramai dipandang sebagai pengganti kepala pengembangan Bixby sebelumnya, Rhee In-jong, karena prestasi Bixby yang kurang cemerlang. Namun, Samsung menampik anggapan tersebut.

“Chung tidak bisa dipandang sebagai pengganti Rhee karena Rhee akan terus berperan sebagai kepala development 1 division yang membawahi  service intelligence group,” ujar Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com