Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone "Bapak Android" Dituduh Pakai Teknologi Curian

Kompas.com - 17/10/2017, 15:25 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Smartphone Essential hasil rancangan Bapak Android, Andy Rubin dituduh mencuri teknologi wireless buatan perusahaan bernama Keyssa. Akibatnya, Essential pun digugat.

Keyssa sendiri merupakan perusahaan teknologi wireless yang disokong oleh pencipta iPad sekaligus pendisi Nest, Tony Fadell. Perusahaan memiliki berbagai teknologi wireless yang biasanya dilisensikan pada perusahaan lain yang membutuhkan.

Gugatan yang dilontarkan oleh Keyssa kepada Essential terkait dengan teknologi wireless untuk perpindahan data berukuran besar dalam hitungan detik.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Selasa (17/10/2017), Keyssa menuduh Essential menggunakan teknologi tersebut tanpa izin, dan begitu saja menyematkannya ke smartphone mereka.

Baca: Android Essential Bakal Dijual di Luar AS, Indonesia Kebagian?

Di dalam gugatan sendiri dirinci bahwa Keyssa memang sempat mengungkap cara kerja teknologi wireless mereka dalam perlindungan non-disclosure agreement. Selain itu, Keyssa juga mengklaim sempat mengirim teknisi terbaiknya, sebanyak 20 orang, untuk mengajarkan Essential cara memakai teknologi tersebut.

Namun, 10 bulan kemudian hubungan antara Essential dengan Keyssa berakhir. Essential mengatakan akan memakai chip lain untuk dipasang di smartphone-nya.

Hubungan keduanya pun jadi memburuk. Keyssa kemudian menuding Essential telah mencuri teknologi yang dipinjamkan berdasarkan hubungan kerja sama mereka, walau sudah disegel dengan perjanjian soal kerahasiaan.

Munculnya gugatan ini menjadi tambahan masalah bagi Essential, yang sebenarnya sedang kerepotan menangani kekecewaan pengguna terhadap kualitas kamera smartphone buatannya. Selain itu masih ada pula masalah pengapalan smartphone yang tersendat-sendat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com