Bisa Menjelajah Tata Surya Lewat Google Maps - Kompas.com

Bisa Menjelajah Tata Surya Lewat Google Maps

Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Kompas.com - 18/10/2017, 07:39 WIB
Penampakan tata surya melalui navigasi Google Map Penampakan tata surya melalui navigasi Google Map

KOMPAS.com - Ketika melihat betapa mutakhirnya film sci-fi yang berlatar luar angkasa, imajinasi pasti terbawa rasa penasaran bagaimana bentuk asli tata surya ini. Benarkah seperti yang ditampilkan di layar lebar?

Rasa penasaran itu setidaknya terjawab lewat fitur baru dari Google Maps. Google baru saja mengumumkan fitur baru dari Google Maps, yakni "jalan-jalan" secara virtual ke berbagai planet dan bulan yang mengitarinya di tata surya ini.

Dikutip KompasTekno dari Slashgear, Rabu (18/10/2017), Google Maps memanfaatkan data yang dihimpun oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan European Space Agency (ESA) selama bertahun-tahun.

Menurut pantauan KompasTekno, terdapat 12 pilihan planet dan satelit yang dapat dijelajahi. Beberapa di antaranya, seperti Mars, Venus, Pluto, dan Titan.

Baca: Mengapa Dewi Sartika Berubah Jadi Dewi Persik di Google Maps?

Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengetahui bagaimana dinginnya satelit Enceladus dan Europa yang berselimut es. Pengguna juga bisa melihat planet kerdil Ceres yang terletak jauh dari sabuk asteroid planet Mars.

Penampakan Planet Pluto melalui ekspedisi Google MapsWahyunanda Kusuma Pertiwi Penampakan Planet Pluto melalui ekspedisi Google Maps

Cara berwisata ke antariksa via Google Maps pun mudah dilakukan. Pengguna cukup mengakses tautan berikut ini.

Kemudian, akan muncul tabel pilihan planet dan satelitnya di bagian kiri. Jika ingin melanjutkan "jalan-jalan" ke salah satu planet atau satelit, Anda cukup memilih salah satu di antara daftar terebut, lalu lakukan zoom-in atau perbesar skala untuk melihat lebih detail.

Google Maps tidak hanya mengajak Anda jalan-jalan ke tata surya. Ia juga menawarkan  untuk berkunjung ke stasiun luar angkasa internasional atau ISS. ISS merupakan tempat penelitian dan pengamatan yang merupakan gabungan dari 16 negara termasuk Amerika Serikat, Rusia dan Uni Eropa. Anda akan diperkenalkan dengan alat-alat di dalam ISS.

Baca: Bisa Pergi ke Luar Angkasa Lewat Google Maps

Penampakan Stasiun Luar Angkasa yang dilakukan via Google MapsWahyunanda Kusuma Pertiwi Penampakan Stasiun Luar Angkasa yang dilakukan via Google Maps

PenulisWahyunanda Kusuma Pertiwi
EditorDeliusno
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM