Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Layar Lipat Dirilis 2020?

Kompas.com - 18/10/2017, 09:53 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang bekerja sama dengan LG dalam produksi iPhone layar lipat. iPhone layar lipat pertama tersebut dikabarkan akan debut tahun 2020.

Jadwal peluncuran tersebut hanya berselang dua tahun dari peluncuran ponsel pintar layar lipat milik Samsung, Galaxy X. Perangkat yang satu ini dikabarkan sudah akan dirilis pada awal tahun depan, tepatnya di ajang CES 2018.

Apple  dikatakan memilih LG dibanding Samsung untuk mengembangkan teknologi panel layar yang kuat, tetapi fleksibel yang diberi nama Rigid Flexible Printed Circuit Board (RFPCB).

Lantas, mengapa Apple lebih memilih LG ketimbang Samsung untuk urusan layar ini? Apple diduga sengaja menggandeng LG lantaran tak mau teknologinya bocor ke Samsung yang merupakan rival berat di ranah smartphone, sebagaimana KompasTekno rangkum dari MacRumors, Rabu (18/10/2017).

Baca: Galaxy Note 9 Jadi Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung?

Samsung merupakan penyuplai panel organic light-emitting diode (OLED) untuk produk terbaru iPhone yang akan rilis November ini, iPhone X. Teknologi OLED memungkinkan tampilan gambar pada layar lebih tajam. 

Dalam dua hingga tiga tahun terakhir, LG dilaporkan membentuk tim khusus untuk memproduksi prototype OLED. LG juga sempat memamerkan hasil OLED yang mampu dilipat menjadi dua menyerupai buku dan yang dapat digulung seperti gulungan koran.

Apple pun disinyalir berinvestasi untuk smartphone OLED garapan LG yakni E6 yang mulai diproduksi tahun 2019 mendatang. Kedua perusahaan teknologi tersebut diketahui telah sepakat secara tentatif, namun secara detail belum sepenuhnya disepakati.

Baca: Demi Layar Fleksibel, Google Tawarkan Rp 11,7 Triliun ke LG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com