Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Ini Bikin Lagu dari Suara Google Translate, Hasilnya?

Kompas.com - 20/10/2017, 09:18 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber YouTube

KOMPAS.com-Tingkat kreativitas orang Indonesia memang patut diacungi jempol. Pasca tenarnya Eka Gustiwana melalui lagu kompilasi 'speech '"Demi Tuhan" dan "BBM naik", Harry Citradi muncul dengan lagunya yang diciptakan dengan memanfaatkan Google Translate.

Pada awalnya, Harry menuliskan beberapa kata dalam bahasa Inggris. Setelah itu, Harry mencoba mengaktifkan fitur suara pada aplikasi tersebut.

Awalnya, tidak ada yang salah ketika Harry mencobanya dalam bahasa Inggris. Namun ketika laki laki yang diduga berasal dari Bogor tersebut mengaktifkan mode suara dalam bahas Jepang, keunikan mulai muncul.

Harry kemudian menggunakan elektro pad untuk membuat nada dasar untuk lagu ciptaannya. Nada tersebut kemudian dioprek lagi dengan software auto tune. Cara ini membuat suara yang tadinya datar, menjadi memiliki ritme dan nada selaras.

Selanjutnya, Harry mengompilasikan suara terjemahan bahasa Jepang tadi dengan menggunakan software suara, Ableton. Harry memberikan sentuhan instrumen dan beat  untuk mengiringi suara dasar yang sudah diciptakannya. Hasilnya, Harry mampu membuat sebuah lagu yang enak didengar.

Baca: YouTuber Ini Mainkan Lagu Game Mario Bross dengan Kalkulator

Karya Harry telah diposting ulang oleh berbagai situs guyonan lokal maupun internasional, seperti 1CAK dan 9GAG. Di YouTube, Video berjudul "Full Version of Hotto Dogu song ft. Google Translate" ini telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali.

Dilansir KompasTekno dari akun Youtube miliknya, Jumat (20/10/2017), Harry mengumumkan bahwa lagu ciptaanya kini telah tersedia di layanan streaming musik online.

"HOTTO DOGU bisa dijumpai dimana-mana (Spotify, iTunes, Google, dll) dalam beberapa hari! Silahkan cek dengan mengetik nama artis Hiekim" tulis Harry dalam bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com