Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baru Akses Asisten Android dengan "Hey Google"

Kompas.com - 24/10/2017, 09:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, satu-satunya cara untuk mengaktifkan Google Assistant adalah dengan mengucapkan "OK Google" ke perangkat Android. Sekarang, ada cara baru untuk membangunkan asisten virtual tersebut.

Google menambahkan perintah "Hey Google" untuk mengaktifkan Google Assistant di smartphone Android. Update ini mulai disebar bagi pengguna smartphone Android di AS.

Memang nampaknya hanya beda satu kata, namun jika ditelisik, antara "Hey Google" dan "OK Google" berbeda pada jumlah suku katanya. "Hey Google" memiliki jumlah suku kata yang lebih sedikit (tiga suku kata) dibandingkan "OK Google" yang memiliki empat suku kata.

Artinya, untuk memberikan perintah ke Google Assistant "Hey Google" akan lebih cepat memprosesnya karena hanya memiliki tiga suku kata, demikian dikutip KompasTekno dari Phone Arena pada Selasa (23/10/2017).

Baca: Kini Bisa Kirim Pesan WhatsApp Pakai OK Google

"Hey Google" juga bisa mengaktifkan dan menon-aktifkan aplikasi dan beberapa konfigurasi seperti WiFi, Bluetooth, lokasi, mode penerbangan, atau senter pada smartphone. 

Beberapa perintah juga akan tetap bisa dilakukan saat keadaan offlineseperti memainkan musik, menambahkan agenda di kalender, melakukan panggilan, mengirim pesan singkat, mengatur alarm dan tingkat kecerahan layar serta mengatur volume.

Ketika tidak sempat mengetik pada keyboard smartphone, si 'asisten virtual' juga bisa mengetik sekaligus mengirimkan pesan Whatsapp.

Update Google Assistant dengan perintah "Hey Google" bakal dirilis Play Store secara bertahap. Untuk memperbarui, periksa Play Store di perangkat masing-masing di bagian Updates.

Baca: OK Google Ditendang dari Chrome

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com