Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Perpustakaan Cambridge "Down" Gara-gara Tesis Stephen Hawking

Kompas.com - 24/10/2017, 18:42 WIB

KOMPAS.com - Situs milik perpustakaan Universitas Cambridge Inggris, Senin (23/10/2017) lalu mengalami crash atau macet tidak bisa diakses. gara-garanya, banyak yang mengakses istus tersebut untuk membaca tesis fisikawan Stephen Hawking.

Tesis terkenal buatan Stephen Hawking berjudul "Sifat Memperluas Alam Semesta" memang baru saja diunggah di situs Universitas Cambridge. Tesis tersebut bisa diakses oleh publik sejak dibuat pada 1962.

"Sifat Memperluas Alam Semesta" karya Profesor Hawking telah menjadi menjadi tesis yang paling banyak diminta di perpustakaan universitas itu, demikian dikutip KompasTekno dari VOA Indonesia, Selasa (24/10/2017).

Untuk memenuhi permintaan tersebut, dan atas dorongan Hawking, Universitas Cambridge menyediakannya secara online.

Baca: Tesis Ilmiah Stephen Hawking Kini Bisa Diunduh Gratis

Sekitar 60.000 orang berusaha mengaksesnya, menyebabkan situs itu beberapa kali macet pada Senin.

Hawking adalah fisikawan dan ahli kosmos yang paling terkenal di dunia. Karya pentingnya tahun 1988 yang berjudul Sejarah Singkat mengenai Waktu telah terjual lebih dari 10 juta eksemplar.

Kini, dengan tersedianya tesis Hawking untuk dibaca oleh siapa pun Hawking berharap untuk "mengilhami orang-orang di seluruh dunia untuk melihat bintang-bintang dan bukan ke bawah ke arah kaki mereka, untuk bertanya-tanya tentang tempat kita di alam semesta dan berusaha memahami kosmos."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com