Begini Cara Jepang Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Modern... - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan AQUA Japan

Begini Cara Jepang Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Modern...

Aningtias Jatmika
Kompas.com - 26/10/2017, 09:15 WIB
Shinjuku TokyoElizabeth Cosham Shinjuku Tokyo

KOMPAS.com - Beragam jenis robot telah diciptakan Jepang demi memudahkan pekerjaan manusia. Di negerinya sana, semua sektor telah menggunakan teknologi tinggi tersebut.

Untuk membuat makanan, misalnya, perusahaan makanan Kojima Giken mulai menggunakan robot untuk membantu produksi pekerjaan para ahli masak yang memakan terlalu banyak waktu.

“Mesin robot terkecil kami bisa menghasilkan 100 tusuk sate dalam satu jam, dan yang terbesar bisa membuat 20.000 tusuk,” ujar Minoru Kojima, Direktur Kojima Giken, seperti ditayangkan KompasTV, Jumat (16/6/2017).

Eits, tidak sampai di situ. Bila proses produksi menggunakan robot, urusan distribusi pun tak mau ketinggalan.

Laman Grid, Selasa (18/07/2017), memberitakan, sebuah restoran sushi di Jepang, Gin no Sara, mencoba menggunakan robot sebagai pengantar sushi.

SushiSHUTTERSTOCK Sushi

Cara kerja robot yang dinamai CarriRo Delivery tidak terlalu rumit. Robot hanya dilengkapi sistem navigasi untuk memudahkannya mencari rumah tujuan, lalu berjalan seperti biasa menuju rumah pelanggan sesuai petunjuk navigasi tersebut.

Tak melulu soal perut, teknologi robot di Jepang juga dikembangkan untuk membantu kelancaran proses pengangkutan di Bandara Haneda.

Bandara Haneda, Tokyo, JepangAFP PHOTO Bandara Haneda, Tokyo, Jepang

Para pekerja di Bandara Internasional Tokyo ini dilengkapi dengan baju robotik yang memudahkan mereka untuk mengangkat beban berat, seperti bagasi dan kargo.

Robot ini berbentuk seperti perlengkapan panjat tebing. Namun, benda ini sebenarnya adalah alat berteknologi canggih yang membuat penggunanya memiliki kaki sekuat besi.

Teknologi bernama Hybrid Assistive Limb (HAL) yang digerakkan dengan sinyal bio-elektrik yang dikirim dari otak ke anggota gerak. Jadi, saat otak meminta lutut untuk ditekuk, HAL akan membantu kita melakukan perintah tersebut.

HAL bukan hanya membantu pekerja memiliki kekuatan lebih saat jongkok. Alat ini juga merupakan solusi dari masalah penyakit yang biasa muncul dari pekerja berusia lanjut.

Satu lagi karya Jepang yang patut diacungi jempol, yakni Pepper, robot humanoid yang paham perasaan manusia. Pepper bisa mengingat wajah dan diprogram untuk mengenali perasaan manusia.

Robot Pepper dirancang agar bisa mengenali emosi manusiaAldebarran Robot Pepper dirancang agar bisa mengenali emosi manusia

Robot yang memiliki lebih dari 20 motor penggerak dan lengan-lengan dengan fungsi canggih itu dipasarkan sebagai robot rumah tangga yang mampu membantu warga lansia atau sebuah keluarga.

Inovasi demi inovasi terus dikembangkan negara ini untuk mendukung dan memudahkan pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

(Baca: Hemat Energi, Belajarlah dari Jepang)

Ya, tahukah Anda, salah satu alasan mengapa Jepang selalu berinovasi adalah demi tercapainya efisiensi. Biasanya, temuan dirancang berdasarkan kebutuhan mereka.

Nah, jangan berpikir jauh dulu. Produk berteknologi Jepang bukan hanya yang awalnya terasa jauh dari niscaya seperti robot. Kalau ditilik lagi, inovasi Jepang banyak juga yang berupa produk sederhana seperti peralatan rumah tangga.

Menjajal inovasi Jepang

Di Indonesia, produk-produk Jepang sudah banyak yang masuk. Di pabrik, kita sudah bisa melihat banyak robot yang didatangkan langsung dari Negeri Sakura itu untuk mempermudah para pekerja.

Tak hanya tempat-tempat semacam itu, di rumah, masyarakat pun bisa menjajal inovasi buatan Jepang. Coba tengok peralatan rumah tangga yang diciptakan oleh negeri ini.

Ilustrasi ruang keluarga Ilustrasi ruang keluarga

Berbagai produk peralatan rumah tangga buatan AQUA Japan, misalnya, dirancang untuk memahami kebutuhan kaum urban modern (#KnowYouBetter) yang serba-praktis dan cepat di masa kini. Ditambah lagi, inovasi ini juga mendukung efisiensi dari berbagai sisi, seperti efisiensi harga, desain, juga energi.

Sebut saja AC Nebula Inverter yang menggunakan teknologi Wi-fi Control. Melalui aplikasi yang terpasang di ponsel cerdas, dengan praktis Anda dapat menyalakan atau mengatur suhu di mana pun Anda berada.

Air Conditioner (AC) Nebula Inverter AQUA JAPAN dengan teknologi Wi-fi Control yang memungkinkan pengguna menyalakan atau mengatur suhu di mana pun berada. Air Conditioner (AC) Nebula Inverter AQUA JAPAN dengan teknologi Wi-fi Control yang memungkinkan pengguna menyalakan atau mengatur suhu di mana pun berada.

Jadi, tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang untuk mencoba pengalaman terbaik menjajal inovasi Jepang yang tiada henti ini.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAningtias Jatmika
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM