Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo dan Intel Ingin Hilangkan Password

Kompas.com - 26/10/2017, 18:05 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Lenovo, bekerja sama dengan Intel, mengumumkan beberapa seri laptop pertama dengan sistem keamanan online yang mengacu kepada standarisasi Fast Identity Online (FIDO) Aliance. Sistem keamanan semacam ini mengizinkan pengguna laptop Lenovo untuk mengganti password dengan sidik jari, misalnya, untuk autentikasi keamanan di dunia maya.

Password sendiri saat ini sudah dianggap terlalu lemah untuk urusan autentikasi keamanan di internet. Berdasarkan data yang dilansir oleh Lenovo, sekitar 81 persen kebocoran data di internet terjadi karena password yang terlalu mudah ditebak, tidak diganti, atau dicuri.

Oleh karena itulah, baik Lenovo dan Intel, berniat untuk mengganti password dengan sistem keamanan lain, seperti sidik jari.  

Baca juga : Apple Bakal Bunuh Pemindai Sidik Jari?

Ada dua cara metode sistem autentikasi berbasis FIDO yang sudah bisa dijajal pengguna laptop baru Lenovo untuk autentikasi di dunia online.

Pertama, pengguna sudah tidak perlu menggunakan password untuk log in ke sebuah situs tertentu. Pengguna hanya perlu menggunakan sidik jari.

Kedua, pengguna tetap diharuskan untuk memasukkan username dan password di situs yang sudah mendukung FIDO, seperti Google, Facebook, dan Dropbox. Bedanya, pengguna harus menambah satu langkah keamanan lagi untuk membuka akun tersebut, entah dengan menekan tombol tertentu atau menggunakan sidik jari.

"Orang-orang membutuhkan keamanan tanpa kerumitan dan sistem keamanan built-in yang membantu melindungi mereka saat masuk ke situs web untuk media perbankan, perbelanjaan dan, sosial," kata Johnson Jia, Senior Vice President PC Lenovo dan Smart Devices Product Group.

Hal ini juga disambut antusias oleh pihak Intel dan FIDO. Menurut Brett McDowell, Direktur Eksekutif Aliansi FIDO, langkah ini dapat mendukung masyarakat untuk memindahkan keamanan akun mereka dengan media selain password.

"Langkah ini memperkuat autentikasi FIDO sebagai teknologi standar de facto untuk memindahkan dunia ke luar password, di semua perangkat yang terhubung dengan internet seperti PC, mobile, dan IoT," ujar McDowell.

Rencanaya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Kamis (26/10/2017), sistem keamanan dengan standarisasi FIDO ini bakal hadir di laptop keluaran terbaru Lenovo. Beberapa di antaranya seperti Yoga 920, ThinkPad X1, ThinkPad X1 Carbon, dan IdeaPad 720S.

Sistem keamanan ini juga mendukung teknologi Intel Online Connect, yang hadir di Intel Core generasi ke-7 dan ke-8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com