Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Intel Dalam Smartphone Google Pixel 2

Kompas.com - 27/10/2017, 13:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Selain System-on-Chip utama Snapdragon 835, smartphone Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dibekali prosesor (co-processor) tambahan bernama Pixel Visual Core untuk mengakselerasi efek HDR+ saat mengambil foto.

Dengan Pixel Visual Core, kedua ponsel bisa meningkatkan kecepatan olah HDR+ sekaligus menghemat baterai dibanding jika tugas tersebut dibebankan ke prosesor utama.

Belakangan terungkap bahwa ada andil Intel di balik Pixel Visual Core yang merupakan chip pertama bikinan Google. Raksasa chip bermoto "Intel Inside" itu membantu Google dalam pengembangan Pixel Visual Core.

Hal ini pertama kali diketahui setelah situs iFixit membongkar Pixel 2 XL untuk melihat jeroannya. Ditemukan bahwa chip Pixel Visual Core di perut smartphone yang bersangkutan ternyata memiliki kode serial yang dimulai dengan "SR3", seperti yang umum ditemukan di chip buatan Intel.

Baca juga : Debut Google Pixel 2 Diwarnai Masalah

Belakangan, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Kamis (26/10/2017), seorang juru bicara Intel mengakui keterlibatan pihaknya dalam pengembangan chip melalui e-mail ke CNBC.

Menurut sang juru bicara, Google memilih bekerja sama dengan Intel untuk mengembangkan chip baru lantaran merasa tak ada chip yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan Google untuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Pixel Visual Core sendiri saat ini masih non-aktif di dalam Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Chip pengolah foto ini baru akan diaktifkan saat kedua ponsel menerima update Android 8.1 dari Google.

Ironisnya, Intel sendiri tahun lalu memutuskan keluar dari bisnis chip smartphone dan tablet, meski beberapa perangkat mobile saat ini masih menggunakan chip atau modem Intel.

Selain soal chip custom-made, Google juga bekerja sama dengan Intel dalam pengembangan teknologi AI untuk mobil swa-kemudi. Waymo, perusahaan spin-off Google yang sama-sama bernaung di bawah Alphabet, diketahui memakai chip Intel sejak bertahun-tahun lalu.

Baca juga : Pixel 2 Dikritik Tak Punya Colokan Earphone, Apa Kata Google?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com