Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Bagikan Gratis 500 Kartu "E-Money"

Kompas.com - 30/10/2017, 10:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membagikan 500 kartu e-money atau uang elektronik kepada para pegawai Kemenkominfo.

Pembagian kartu secara gratis ini merupakan bagian dari dukungan terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo dalam menggalakkan gerakan transaksi non-tunai.

Pembagian kartu e-money tersebut dilakukan oleh Rudiantara usai acara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan di Gedung Kemenkominfo, Senin (30/10/2017). Kartu tersebut, salah satunya bisa digunakan untuk membayar akses jalan tol.

“Kita ingin melakukan akselerasi cara baru membayar uang tol (menggunakan e-money). Ini karena Presiden memerintahkan untuk menggunakan uang elektronik membayar tol,” kata Rudiantara.

“Untuk mendukung itu, Kemkominfo membagikan kartu e-money kepada karyawan untuk bisa digunakan. Ini menunjukkan bahwa Kemkominfo mendukung kebijakan kementerian lain atau pemerintah dan tentunya Presiden,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Toll (BPJT) telah mengumumkan bahwa pada 31 Oktober 2017, seluruh gerbang tol akan menerapkan transaksi non-tunai. Dengan kata lain, pengguna mesti memiliki kartu e-money untuk bisa menggunakan jalan tol, tidak bisa lagi menggunakan uang tunai.

Perubahan menjadi sistem non-tunai itu diharapkan bakal bisa mengurai atau mengurangi kemacetan akibat antrean kendaraan masuk ke jalan tol.

"Pemerintah ingin memberikan layanan lebih baik, jadi cara membayarnya diubah menggunakn teknologi e-money," terang Rudiantara.

“Pasti akan terjadi peningkatan layanannya yang cepat. Antrean juga bisa dikurangi secara signifikan di pintu tol," imbuhnya.

Kartu e-money yang dibagikan oleh Menkominfo tersebut merupakan terbitan Bank Mandiri. Masing-masing kartu dikatakan telah memiliki saldo Rp 130.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com