7 Layanan yang Diberikan Grapari Telkomsel di Singapura - Kompas.com

7 Layanan yang Diberikan Grapari Telkomsel di Singapura

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 07/11/2017, 20:45 WIB
Plakat peresmian GraPari Singapura di Lucky Plaza, Orchard Road.Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Plakat peresmian GraPari Singapura di Lucky Plaza, Orchard Road.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu upaya Telkomsel melayani pelanggan yang sedang bepergian ke luar negeri, operator seluler yang khas dengan warna merah itu membuka gerai GraPari di jalan Orchard Road, Singapura.

GraPari Telkomsel tersebut sebenarnya telah cukup lama hadir di Singapura. Pusat pelayanan tersebut diresmikan pada 5 Juni 2015 oleh Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

GraPari Telkomsel berlokasi di lantai dasar pusat perbelanjaan Lucky Plaza di Orchard Road, Singapura lantai dasar. Pelanggan akan mudah menjumpainya karena lokasinya berada tepat di sebelah kiri setelah pintu masuk.

Untuk melayani pelanggan, GraPari Telkomsel di Singapura buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat.

Apa saja pelayanan yang diberikan Telkomsel di GraPari Singapura? Farizah, Team Leader GraPari Singapura ketika dijumpai KompasTekno pada Rabu (1/11/2017) menjelaskan, setidaknya ada tujuh layanan yang bisa dilakukan di GraPari ini.

Setting dan aktivasi internet roaming

Pertama, layanan aktivasi paket internet roaming. Layanan ini menjadi yang paling banyak diminta oleh pengunjung. Terlebih bagi mereka yang tidak begitu paham bagaimana cara mengaktifkan roaming dan membeli paket internet luar negeri.

Layanan isi ulang pulsa

Layanan isi ulang pulsa juga bisa dilakukan melalui GraPari Singapura. Pelancong pelanggan prabayar yang kehabisan pulsa bisa mengisi ulang sekaligus mengaktifkan paket roaming.

Layanan blokir

Farizah menjelaskan, ada pula pengunjung yang datang untuk melakukan pemblokiran kartu. Ini disebabkan karena kartu SIM atau smartphone mereka hilang. Pemblokiran perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah melakukan pemblokiran, pelanggan juga bisa langsung mengurus kartu baru melalui GraPari Singapura.

Aktivasi SLI

Sambungan Langsung Internasional (SLI) juga menjadi paket yang digemari, selain internet. Paket SLI ini biasanya dipakai oleh para pelaku bisnis. Mereka mengincar paket bicara (telepon) ke Indonesia untuk membahas bisnis.

Rata-rata 20 pelanggan

"Tetapi yang paling sering adalah mengaktifkan setting roaming di smartphone dan mengaktifkan paket internet," kata Farizah.

Farizah, Team leader di GraPari Telkomsel di Singapura sedang melayani seorang pelanggan.Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Farizah, Team leader di GraPari Telkomsel di Singapura sedang melayani seorang pelanggan.
Pengunjung yang datang ke GraPari Singapura menurut Farizah kebanyakan bingung dengan dua cara di atas, terutama bagi pelanggan yang sudah berumur dan kurang paham cara setting smartphone-nya.

"Biasanya karena smartphone-nya itu terlalu canggih, banyak setting-nya, jadi mereka bingung," ujar Farizah.

Setiap hari, Farizah mengklaim rata-rata ada 20 pelanggan yang datang ke GraPari Telkomsel dengan berbagai keperluan. Yang mengejutkan, ternyata bukan orang Indonesia saja yang datang, melainkan juga warga negara asing yang ingin menggunakan kartu Telkomsel.

“Ada juga warga asing (bukan orang Indonesia) yang minta aktivasi layanan roaming di sini. Biasanya memang untuk kepentingan bisnis yang operasinya di Indonesia dan luar negeri,” kata Farizah.

Biasanya para pebisnis itu mengaktifkan paket telepon SLI untuk menelepon kolega bisnisnya di Indonesia. Telkomsel memang menyediakan paket 3 in 1 (internet, SMS, telepon) dimana paket bicaranya bisa mencapai 500 menit. Paket bicara inilah yang diincar oleh para pebisnis.

PenulisReska K. Nistanto
EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM