iPhone X Ungguli iPhone 8 di Minggu Penjualan - Kompas.com

iPhone X Ungguli iPhone 8 di Minggu Penjualan

Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Kompas.com - 08/11/2017, 09:14 WIB
Salah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat WangOik Yusuf/ KOMPAS.com Salah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat Wang

KOMPAS.com - Dalam minggu pertama setelah dirilis, penggunaan iPhone X menunjukan tren positif. Berdasarkan data yang dirilis Localytics pada Selasa (7/11/2017) lalu, meskipun mengalami keterlambatan pengiriman untuk pre-order nya, namun adopsi iPhone X mengungguli duo iPhone 8 di minggu pertama penjualan.

iPhone X menurut riset Localytics berhasil meraih 0,93 persen pangsa dari semua model iPhone yang beredar di seluruh dunia, di minggu pertama penjualan.

Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding jumlah pangsa pasar iPhone 8 dan 8 Plus saat mulai dijual. Duo iPhone 8 tersebut hanya mampu memperoleh pangsa pasar gabungan 0,7 persen (dari semua model iPhone yang beredar) di minggu pertama penjualan.

Untuk diketahui, data yang dipublikasikan oleh Localytics bukan menunjukan jumlah penjualan iPhone, melainkan pengukuran pangsa pasar atau kecenderungan konsumsi, berdasar pada penggunaan aplikasi pemilik iPhone.

Baca juga : Video: Kesan Pertama Menjajal iPhone X

Localytics mendata 2,7 miliar perangkat dan 37.000 aplikasi mobile dan aplikasi web untuk mengumpulkan data ini. Mereka menguji lebih dari 70 juta perangkat berbasis sistem operasi iOS. Kemudian, mendata jumlah peredaran iPhone X di minggu pertama penjualan dan membandingkannya dengan model iPhone lain di minggu awal peluncurannya kala itu.

Dari data tersebut, belum genap satu minggu debutnya, iPhone X sudah meraih angka adopsi sebesar 0,93 persen. Tidak terlalu signifikan memang, tapi cukup melampaui raihan iPhone 8 dan 8 Plus kala itu yang hanya mencapai 0,4 persen dan 0,3 persen.

Perbandingan Market Share iPhone X dan iPhone terdahulunya di minggu awal perilisanLocalytics Perbandingan Market Share iPhone X dan iPhone terdahulunya di minggu awal perilisan

Hal ini mungkin terjadi karena permintaan akan produk 'elit' yang Apple lebih tinggi dibanding produk yang moderat, atau lebih sering dikatakan sebagai upgrade yang membosankan.

Sebenarnya, pangsa pasar iPhone X lebih rendah 2,3 persen dibanding iPhone 6 yang dirilis 2014 lalu, selisih 1,3 persen dari penggunaan iPhone 6s di tahun 2015 dan selisih 1,2 persen dari penggunaan iPhone 7 pada 2016, seperti yang KompasTekno rangkum dari TechCrunch, Rabu (8/11/2017).

Namun sampai saat ini masih ada produk iPhone X yang mengalami penundaan pengiriman. Jikapun nanti iPhone X sampai ke tangan pembeli, data berupa pangsa pasar di minggu pertama ini mungkin tidak lagi berlaku untuk mengukur kepopuleran penggunaan iPhone X.

PenulisWahyunanda Kusuma Pertiwi
EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM