Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X adalah iPhone Paling Ringkih

Kompas.com - 08/11/2017, 12:43 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber bgr

KOMPAS.com — Peluncuran iPhone X menimbulkan pandangan skeptis bagi sebagian orang yang ragu akan kekokohan iPhone X. Dengan desain panel kaca yang melindungi bagian belakang, membuat sebagian ragu apakah panel itu kokoh jika terjatuh?

Keraguan ini coba dibuktikan di dalam sebuah video yang mengetes keringkihan iPhone X dan iPhone 8 Plus dengan cara menjatuhkannya dari ketinggian yang sama.

Tes pertama dilakukan dengan casing yang melindungi bodi iPhone X dan iPhone 8 Plus. Hasilnya, iPhone X lebih baik dibanding iPhone 8 Plus.

Tonjolan bingkai kamera di bagian belakang bisa melindungi panel belakang dari kerusakan parah dan kerangka berlapis baja mampu menahan benturan lebih baik dibandingkan dengan aluminium. Namun, menjatuhkan iPhone X berulang kali akan menimbulkan kerusakan yang cukup parah, seperti tidak bisa membuka kunci layar.

Baca juga: Apple Butuh 5 Tahun Garap iPhone X

Dalam video YouTube berjudul "iPhone X vs iPhone 8 Plus Drop Test!" itu, ia memberikan alternatif membuka iPhone X dengan fitur Face ID, setidaknya begitu pengamatan KompasTekno dari BGR, Rabu (8/11/2017).

Hasil tes yang berbeda didapatkan dalam video yang diunggah Square Trade. Dalam video yang berjudul "S'quareTrade iPhone X Breakability"tersebut, iPhone X adalah iPhone paling ringkih yang pernah dibuat Apple.

Ia melakukan tes yang sama seperti yang dilakukan video sebelumnya. Begitu panel kaca pecah, masalah berat akan terjadi di layar. Tampak garis hijau di samping kanan dan pengenal wajah yang tidak berfungsi.

Baca juga: Membandingkan Spesifikasi iPhone X, iPhone 8, dan Galaxy Note 8

SquareTrade memberikan iPhone X nilai 90 untuk tingkat keringkihan, artinya iPhone X sangat ringkih. Sementara iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan Galaxy Note 8 yang ikut diuji coba mendapat skor lebih rendah, yakni masing-masing 67, 74, dan 80.

Bisa saja penilaian dari SquarTrade ini tidak sepenuhnya tepat. Namun, tidak ada salahnya memberikan proteksi lebih untuk si smartphone elite ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com