3 Permainan Berbasis AI untuk Mengisi Waktu Luang - Kompas.com

3 Permainan Berbasis AI untuk Mengisi Waktu Luang

Rizky Chandra Septania
Kompas.com - 11/11/2017, 16:39 WIB
Quick DrawAI Quick Draw

KOMPAS.com - Google selama ini lebih dikenal melalui beberapa software dan fitur yang berhubungan dengan internet maupun media sosial.

Mulai dari mesin pencari, Google mulai merambah ke teknologi lain. Termasuk navigasi, e-mail, hingga sistem operasi Android.

Namun perkembangan Google tidak hanya sampai di situ. Sejak tahun 2009, raksasa teknologi ini mewadahi para programmer menuangkan dengan membuat aplikasi atau permainan seru melalui laman Experiment with Google. Salah satunya adalah program dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI).

KompasTekno akan membahas beberapa eksperiment Google berbasis AI yang seru untuk dimainkan saat mengisi luang. Tidak hanya itu, beberapa bahkan memicu kretifitas dalam menciptakan hal yang baru. Aplikasi ini tidak hanya dikerjakan oleh Google saja, tetapi programmer yang memasukkan karyanya ke situs Experiment with Google.

Baca juga : AI Facebook Cegah Mantan Pacar Sebarkan Foto Bugil

Permainan ini juga bisa diakses melalui laptop atau smartphone. Permainan bisa diakses langsung secara gratis melalui tautan yang ada di bagian bawah penjelasan masing-masing permainan. Berbentuk situs web, pengguna tidak perlu mengunduh permainan.

1. Quick, Draw! oleh Google Creative Lab

Mau tau kemampuan menggambar anda? Cobalah Quick Draw.

Aplikasi yang diciptakan oleh Google Creative Lab ini merupakan game yang dilengkapi dengan AI.

Pemain akan diminta untuk menggambar 6 buah objek sesuai dengan perintah dalam waktu 20 detik untuk masing masing gambar. Saat selesai menggambar AI akan menebak gambar yang digambar oleh pengguna.

Jika gambar yang ditorehkan pada layar sesuai dengan objek sebenarnya, maka AI akan dapat menebak gambar dengan benar dan pengguna akan mendapat skor. Namun jika salah, pengguna tidak akan mendapat poin.

Hasil Gambar bisa di bagikan melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Anda dapat mencoba Aplikasi ini melalui tautan ini

2. The Infinite Drum oleh Manny Tan & Kyle McDonald

Tampilan Infinite DrumAI Tampilan Infinite Drum

Jika Anda menyukai beberapa jenis suara dan ingin mengompilasikannya, The Infinite Drum bisa jadi pilihan.

Aplikasi ini merupakan "maestro" musik dengan suara yang ada disekeliling kita setiap harinya. Mulai dari suara alat musik, orang berbicara, hingga suara hewan.

Dengan menggunakan Infinite Drum, pengguna dapat menciptakan ketukan musik yang harmois dari ribuan suara yang tersedia. Tempo dan beat-nya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan selera dari pengguna.

Anda bisa mencoba aplikasi ini dengan mengakses tautan berikut.

3. Giorgio Cam oleh Eric Rosenbaum & Yotam Mann

Giorgio CAMYoutube Giorgio CAM

Giorgio Cam merupakan aplikasi bermusik lain . Bedanyanya, musik diciptakan berdasarkan objek yang dilihat oleh AI melalui kamera.

Untuk dapat menciptakan lagu bersama Giorgio Cam, pengguna hanya perlu mengambil gambar objek melalui kamera smartphone atau laptop. Setelah itu, Giorgio akan menyebutkan objek apa yang ia lihat dan mendeskripsikannya melalui musik Rap.

Tebakan Georgio tidak seluruhnya tepat. Oleh sebab itu, terdapat indikator kepercayaan diri sebagai tolak ukur keakuratan benda yang ditebak.

Anda dapat mengakses Georgio Cam di tautan ini.

PenulisRizky Chandra Septania
EditorDeliusno

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM