Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Face ID iPhone X Bisa Dikelabui Topeng

Kompas.com - 15/11/2017, 07:57 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apple sesumbar bahwa teknologi artificial intelligent (AI) pengenal wajah atau Face ID yang terpasang di iPhone X adalah yang paling aman. Untuk mencurangi Face ID pada iPhone X, Apple meyakinkan bahwa kesempatan itu hanya satu berbanding satu juta.

Namun peneliti keamanan dari sebuah perusahaan perangkat luak asal Vietnam, Bkav akhirnya bisa mencuri kesempatan kecil untuk menipu Face ID iPhone X.

Bkav berhasil membuka kunci iPhone X dengan topeng yang dicetak dengan printer 3D. Metode yang digunakan Bkav adalah fokus memanipulasi teknologi depth-mapping pada Face ID.

Untuk diketahui, teknologi Face ID menggunakan mesin saraf untuk memetakan kontur dan bentuk wajah secara real time.

Bkav mengatakan bahwa iPone X milik mereka telah diuji cobakan ke wajah manusia yang asli.
Mereka mengklaim tidak menggunakan software untuk meretas Face ID. Model topeng 3D yang digunakan dibuat dari bahan yang dapat dikenali oleh teknologi Face ID, tanpa disebutkan apa bahan tersebut.

Baca: Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X

Komposisi topeng cetakan printer 3D ini terdiri dari plastik, silikon, perias wajah, dan potongan kertas sederhana. Pada bagian mata dan bibir, dipasang gambar 2 dimensi (2D).

"Topeng ini terbuat dari kombinasi perias wajah dan gambar 2D, dengan proses khusus pada pipi dan area wajah yang luas untuk mengelabui Face ID", jelas Wakil Presiden Bkav, Ngo Tuan Anh, dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Rabu (15/11/2017).

Untuk membuat topeng ini , Bkav menghabiskan dana sekitar 150 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta, tidak termasuk printer 3D. Produksi topeng ini membutuhkan waktu kurang lebih lima hari. Bkav mengatakan bahwa proyek ini tidak perlu dikhawatirkan oleh pengguna iPhone X biasa.

"Target potensial bukanlah pengguna kalangan biasa, tapi miliarder, direktur perusahaan besar, pemimpin negara, dan agen intelejen seperti FBI," jelas Bkav.

Sayangnya, Bkav tidak secara detil menjelaskan bagaimana keseluruhan proses pembuatan topeng dan teknik peretasan.

"Mekanismenya tidaklah sesulit yang Anda kira. Kita hanya butuh sebagian wajah untuk membuat topeng. Lebih sederhana dibanding yang kita pikirkan", jelas Bkav.

Baca juga : Face ID di iPhone X Tetap Kenali Wajah yang Babak Belur

Menurut Bkav, perangkat keamanan biometrik Face ID lebih aman karena bergantung pada teknologi AI, dibanding pengaman sidik jari yang lebih rentan untuk dikelabuhi. Seperti apa topeng 3D yang bisa menipu Face ID canggih milik iPhone X? dapat disaksikan dalam video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com