Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Invite" Game Lewat Facebook Bakal Dihapus

Kompas.com - 19/11/2017, 08:13 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com-Sering kesal karena dapat ajakan (invite) bermain game seperti Farmville atau Bejeweled di Facebook? Hal ini sebentar lagi akan berhenti, karena Facebook bakal menghapus layanan ajakan (invite) dari pihak ketiga.

Melalui blog resminya, Facebook mengumumkan akan menghapus layanan invite yang sering dipake pihak ketiga. Menurut laman developer Facebook, fitur tersebut akan dihapus sepenuhnya pada 6 Februari 2018. Pengguna Facebook tidak akan pernah lagi menerima invite game, selamanya.

Facebook memang telah meninjau beberapa fitur dan layanan untuk pihak ketiga. Dikutip KompasTekno dari blog resmi Facebook, Minggu (19/11/2017), hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan komunitas di Facebook.

"Kami terus mengevaluasi cara terbaik untuk melayani komunitas pengembang kami,"ujar Manajer Teknik Facebook, Ming Li di blog resmi Facebook.

Baca juga : Belum Banyak yang Tahu, Facebook Punya Timeline Kedua

"Untuk mendukung upaya ini, baru-baru ini kami meninjau produk yang kami miliki dan memastikan sumber daya kami fokus membangun dan meningkatkan solusi yang memiliki nilai terbaik bagi pengembang," tambahnya.

Sebelumnya, fitur invite untuk aplikasi game atau pihak ketiga lainnya merupakan hal yang penting saat awal mula Facebook berdiri. Pasalnya, Pengguna Facebook zaman dulu sering bermain menggunakan media sosial untuk bermain game.

Selain ajakan bermain game, Facebook juga akan melakukan perubahan pada beberapa fiturnya. Antara lain tombol Like, layanan berbagi melalui aplikasi pihak ketiga, Comment Mirroring, tombol Share, tombol Follow, dan Sharing Insight pada Facebook Page.

Ke depannya, pengguna tidak bisa me-Like suatu akun Facebook melalui aplikasi buatan pihak ketiga, melainkan harus di halaman Facebook itu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com