Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UC Browser Dihapus Karena Curangi Jumlah Unduhan? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 20/11/2017, 10:59 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, peramban (browser) mobile UC Browser mendadak hilang dari toko aplikasi Android, Google Play Store.

Tak lama, seorang netizen di Twitter dengan akun @SKZ_14 mengaku sebagai karyawan UC Browser, menulis sebuah posting-an mengenai alasan menghilangnya UC Browser dari Play Store.

Dalam postingannya tersebut, ia menjelaskan UC Browser dihapus sementara dari Play Store selama 30 hari karena menggunakan metode promosi yang menyesatkan dan tidak sehat untuk mendongkrak jumlah pengunduh, alias mencurangi jumlah download.


"Saya bekerja untuk UC Browser, Saya menerima e-mail pagi ini yang menyatkan UC Browser dihapus sementara dari Play Store selama 30 hari karena menggunakan metode promosi yang menyesatkan dan tidak sehat untuk mendongkrak unduhan," begitu cuit akun yang mengaku sebagai Mike Ross pada Rabu (15/11/2017).

UC Web selaku induk UC Browser segera merespon postingan ini dan menyatakan Mike Ross bukan karyawan mereka. UC Web juga menyanggah klaim akun tersebut atas hilangnya UC Browser dari Play Store.

Penjelasan UC Web

Menurut UC Web, alasan sebenarnya UC Browser menghilang dari Play Store adalah karena setting tertentu di UC Browser tidak sesuai dengan kebijakan Google.

Baca juga : UC Browser Mendadak Hilang dari Toko Aplikasi Android

Hal tersebut menyebabkan UC Browser terpaksa 'dihapus' dari Play Store hanya selama tujuh hari, bukan 30 hari seperti klaim Mike Ross. Penghapusan sementara UC Browser dimulai pada 13 November 2017.

"Kami telah dikonfirmasi oleh Google mengenai penghapusan sementara UC Browser dari Play Store selama 7 hari, dimulai 13 November 2017, karena ada setting tertentu di UC Browser yang tidak sesuai dengan kebijakan Google," jelas UC Web seperti KompasTekno himpun dari Android Authority, Senin (20/11/2017).

"Kami segera melakukan investigasi internal dan memperbaiki masalah tersebut," imbuh mereka.

Lebih lanjut, UC Web menjelaskan bahwa versi terbaru UC Browser telah di-submit ke Google Play, dan sedang menunggu evaluasi dari pihak Google.

"Untuk sementara, pengguna bisa mengunduh UC Browser Mini dari Play Store sebagai alternatif versi UC Browser", imbuh UC Web. UC Browser Mini merupakan versi ringan UC Browser untuk smartpone kelas low-end.

UC Web menjanjikan versi baru UC Browser bakal bisa diunduh melalui Play Store pada pekan depan. Bagi yang masih ingin mengunduh UC Browser, untuk sementara dapat dilakukan secara manual melalui laman resmi UC Web berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com