Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android KeyOne Dijual Rp 8,9 Juta, BlackBerry "Pede" Bakal Laku

Kompas.com - 24/11/2017, 06:57 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry KeyOne telah resmi dijual di Indonesia. Smartphone  Android berpapan ketik QWERTY dari BlackBerry itu dijual di Indonesia dengan harga Rp 8,9 juta.

Jeroannya sendiri mengandalkan kombinasi chip Snapdragon 625, RAM 4 GB, dan media penyimpanan 64 GB yang banyak ditemukan di smartphone papan tengah.

Meski dijual dengan harga Rp 8,9 juta dan mengusung spesifikasi kelas menengah, PT BB Merah Putih selaku distributor handset BlackBerry di Indonesia percaya diri KeyOne akan diminati konsumen, lantaran memiliki sejumlah kelebihan dibanding smartphone Android lain di pasaran.

Kelebihan dimaksud antara lain papan ketik QWERTY yang sekaligus merangkap sebagai trackpad dengan dukungan touch input, serta rangkaian fitur sekuriti dan update software yang dijanjikan diberikan secara berkala.

COO PT BB Merah Putih, Sukaca Purwokardjono pun menargetkan bakal menjual 20.000 unit BlackBerry KeyOne, mulai pembukaan sesi pre-order pada November ini hingga kuartal pertama 2018.

Baca juga : Android QWERTY BlackBerry KeyOne Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

"Kami lihat reaksi pasar dulu. Kalau bagus, jumlah itu akan kami tambah," ujar Sukaca saat ditemui KompasTekno usai acara peluncuran BlackBerry KeyOne di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

"Kalau untuk Aurora (smartphone kelas menengah BlackBerry dengan harga Rp 2,5 juta) penjualannya sampai sekarang sudah 100.000 unit," imbuh Sukaca.

BlackBerry resmi memasarkan Android BlackBerry KeyOne di Indonesia, Kamis (23/11/2017).Oik Yusuf/KOMPAS.com BlackBerry resmi memasarkan Android BlackBerry KeyOne di Indonesia, Kamis (23/11/2017).

Kehadiran KeyOne sekaligus memungkasi lini produk yang dirilis BlackBerry ke pasaran Indonesia pada 2017. Tahun depan, Sukaca menjanjikan pihaknya bakal melepas beberapa model handset BlackBerry dari berbagai kelas.

Black Limited Edition

Menurut Sukaca, BlackBerry KeyOne yang dirilis di Indonesia adalah varian "Black Limited Edition". Ada sejumlah perbedaan dibandingkan varian internasional, seperti dukungan dual SIM card di KeyOne Black Limited Edition.

Bagian pinggir frame BlackBerrry KeyOne Black Limited Edition, kata Sukaca, juga dilabur warna hitam, sementara varian internasional berwarna silver.

"Perbedaan lain, Black Limited Edition memiliki RAM 4 GB dan storage 64 GB, sementara varian internasional hanya RAM 3 GB dan strorage 32 GB," lanjut Sukaca.

Kalangan pengguna yang diincar oleh PT BB Merah Putih dengan BlackBerry KeyOne adalah konsumen "niche" yang menginginkan ponsel dengan kualitas konstruksi bagus, sekaligus memiliki papan ketik QWERTY dan keamanan tinggi.

"BlackBerry ini beda karena ada keyboard (fisik) dan fitur-fitur lain yang hanya ada di BlackBerry. Untuk KeyOne, kami percaya produknya akan diterima masyarakat karena memang bold and different," ujar Sukoco.

Spesifikasi BlackBerry KeyOne selebihnya mencakup kamera belakang 12 megapiksel dengan duo-tone flash, kamera depan 8 megapiksel, konektor  USB type-C, baterai 3.505 mAh, serta dukungan kartu micro-SD hingga 256 GB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com