Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 2018 Dukung Dual-SIM, Internet Lebih Kencang?

Kompas.com - 24/11/2017, 07:50 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Apple dikabarkan tengah menggarap iPhone baru dengan fitur dual-SIM (dua kartu seluler). iPhone dengan dukungan dual-SIM ini dirumorkan bakal meluncur pada 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh analisis sekuritas KGI, Ming-Chi Kuo yang sering tepat dalam memprediksi produk baru Apple. Jika rumor ini benar, maka iPhone 2018 akan menjadi lini iPhone pertama yang mengusung fitur dual-SIM.

Kuo juga membocorkan, iPhone 2018 nanti akan didukung koneksi internet super cepat. Ia mengatakan jika model iPhone 2018 akan dibekali teknologi Gigabit LTE yang menawarkan kecepatan internet hingga 1 Gbps. Hal ini dilakukan Apple karena tren dunia yang sedang beralih dari 4G ke 5G.

Perangkat ini kelak akan didukung dengan modul antena 4x4 MIMO (multiple in multiple out). Spesifikasi ini sebenarnya sudah digunakan oleh pesaingnya, Samsung Galaxy Note 8, hanya saja Galaxy Note 8 belum mendukung koneksi Gigabit LTE.

Baca juga : iPhone X Dirakit di China dengan Mengeksploitasi Siswa SMA

Dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Jumat (24/11/2017), Kuo mengharapkan iPhone 2018 nanti akan menyediakan dual-SIM dual standby (DSDS).

"Tidak seperti ponsel DSDS yang sudah ada, yang kebanyakan didukung LTE+koneksi 3G saja, kami yakin generasi iPhone berikutnya akan didukung konseksi LTE+LTE", jelas Kuo.

Artinya, iPhone 2018 akan bisa menampung dua kartu SIM yang dua-duanya terhubung dengan jaringan 4G LTE. Kuo memperkirakan Apple akan merilis tiga iPhone baru pada 2018.

Dari ketiga iPhone baru itu, termasuk di antaranya adalah iPhone X dengan layar OLED yang ditingkatkan ukurannya, yakni 6,5 inci. Selain itu, iPhone dengan materi layar LCD dengan layar 6.1 inci juga tengah dipersiapkan Apple untuk menyasar segmen low-end.

Baca juga : iPhone Bakal Dibuat dari Limbah Daur Ulang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Tech Radar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com