Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Facebook Caplok Fitur Khas Snapchat

Kompas.com - 25/11/2017, 12:25 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Meski sering dituding sebagai pencaplok fitur Snapchat, Facebook tak bergeming. Kali ini giliran fitur “streak” yang jadi bahan tiruan.

Perwakilan Facebook mengonfirmasi pihaknya sedang menguji coba fitur streak yang sebelumnya menjadi ciri khas Snapchat. Fitur tersebut tertera pada sesi chatting via Snapchat dan akan berlaku pada layanan Messenger milik Facebook.

“Streak adalah salah satu cara untuk melihat fun fact tentang hubungan dengan orang-orang yang Anda ajak mengobrol maya di Facebook,” kata perwakilan layanan yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut.

Streak bakal menyematkan emoji dengan arti khusus di samping nama lawan mengobrol. Misalnya saja pada Snapchat, ketika nama teman disertai emoji “api”, artinya Anda dan teman secara intens mengobrol maya selama tiga hari berturut-turut.

Streak bisa dibilang salah satu fitur yang memicu pengguna Snapchat lebih aktif mengobrol maya via platform-nya. Para remaja kerap mencoba pola chatting yang berbeda ke teman A dan B untuk melihat seperti apa emoji yang bakal muncul, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (25/11/2017), dari Mashable.

“Emoji petir muncul ketika Anda dan teman chatting selama dua hari berturut-turut. Teruslah chatting agar tetap berlanjut,” begitu pemberitahuan pada antarmuka Messenger yang tengah diuji coba untuk fitur streak.

Melihat rekam jejaknya, fitur yang dicaplok Facebook dari Snapchat kerap berujung lebih sukses. Belum jelas apakah hal itu bakal terulang pada fitur streak. Kita tunggu saja kapan dirilis resmi dan bagaimana respons pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com