Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Bocoran Daftar Perangkat Samsung yang Kebagian Oreo

Kompas.com - 28/11/2017, 16:10 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Model-model smartphone kelas atas dari Samsung biasanya lekas mendapat update ke sistem operasi Android terbaru. Bagaimana dengan perangkat-perangkat lain besutan perusahaan Korea Selatan tersebut?

Untuk Android 8.0 Oreo, sbuah bocoran yang beredar di internet memperlihatkan perangkat Samsung mana saja yang akan kebagian OS teranyar. Total terdapat 36 perangkat smartphone dan tablet.

Dalam bocoran yang berasal dari jejaring sosial Weibo di China itu, tampak bahwa flagship lawas Samsung dari dua tahun lalu, yakni seri Galaxy S6 dan Galaxy Note 5, akan memperoleh update ke Oreo.

Bocoran perangkat Samsung yang kebagian update Android 8.0 Oreo.Weibo Bocoran perangkat Samsung yang kebagian update Android 8.0 Oreo.
Begitu juga dengan sebagian besar perangkat seri Galaxy A 2017 (A3, A5, A8, dan A9 Pro), seri Galaxy J dari 2016 dan 2017 (J5 Pro, J7 2016, J7+, J7 Max, Prime, dan Core), seri Galaxy C (C5 Pro, C7, C7 Pro, dan C9 Pro), serta sejumlah tablet seri Galaxy Tab.

Menariknya, sebagaimana dirnakgum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (28/11/2017), daftar turut mencantumkan beberapa perangkat yang belum resmi meluncur, seperti model Galaxy A3, A5, dan A7 untuk 2018.

Ada kemungkinan perangkat-perangkat model tahun depan tersebut pertama-tama bakal muncul dengan sistem operasi Android 7 Nougat, baru kemudian menerima update Android Oreo.

Tentu, sehubungan dengan sifatnya sebagai bocoran, belum bisa dipastikan apakah informasi dalam daftar tersebut memang benar atau tidak. Samsung sendiri belum merilis pernyataan resmi mengenai hal ini.

Android Oreo sendiri pertama kali diluncurkan pada Agustus lalu. Populasinya di antara versi-versi OS Android terbilang masih sedikit. Data Google per 9 November 2017 menunjukkan bahwa baru 0,3 persen perangkat Android yang menjalankan Oreo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com