Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bertanya, Seperti Inikah Ponsel YouTube Idaman Anda?

Kompas.com - 29/11/2017, 10:11 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

KOMPAS.com - Jika ada ponsel khusus diciptakan untuk menonton YouTube, akankah Anda membelinya? Untuk mengetahui hal tersebut, Google mengirimkan survei ke sejumlah pengguna ponsel untuk dimintai pendapat soal smartphone YouTube yang diidamkan.

Melalui jajak pendapat yang disebarkan melalui badan survei asal Inggris, Survey Bods, Google memaparkan fitur dan spesifikasi hardware yang bakal digunakan untuk smartphone khusus YouTube tersebut.

Salah satu fitur yang mungkin ada dalam perangkat ini adalah "You Twist" yang akan menampilkan daftar video dari YouTube yang ingin Anda tonton. Fiutr ini aktif saat ponsel diputar jadi format landscape.

Google juga disebut bakal menambahkan tombol "You Capture". Tombol ini memberi pengguna akses cepat ke aplikasi YouTube dan untuk merekam video.

Pengguna juga akan dapat membuat sesuatu yang mirip dengan Instagram Story yang disebut "Creator Connect" yang muncul di bagian atas homescreen. Thumbnail video juga akan muncul di layar lockscreen yang memungkinkan pengguna mengetuknya untuk langsung terhubung ke daftar video YouTube.

Menurut survei, ponsel YouTube Edition tersebut (yang bisa saja dinamai YouTube Edition by Android One, YouTube Edition by LG, atau YouTube Edition by Samsung) akan memiliki layar 6,01 inci dengan rasio aspek 18:9 dan resolusi 1080 x 2160.

Ponsel tersebut akan dibekali prosesor 2,2 GHz dengan RAM 4 GB dan ROM 32 GB/64 GB, serta baterai 3700 mAh, dan kamera ganda di bagian belakang dengan sensor 12 MP dan 5 MP, serta kamera depan 8 MP.

Pilihan warna yang akan hadir antara lain hitam, putih, dan merah, seperti dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (29/11/2017).

Sebagai pelengkap, ponsel YouTube itu akan dilengkapi speaker stereo dan pemindai sidik jari, Menurut kabar, ponsel akan dijual di kisaran 360 dolar AS sampai 400 dolar AS (Rp 4,9 juta sampai Rp 5,4 juta).

Namun perlu diingat. Munculnya survei ini bukan berarti ponsel tersebut pasti dirilis. Meski demikian, keberadaan survei ini mengindikasikan konsep ponsel YouTube tengah dibahas di markas Google, Mountain View.

Baca juga : Punya 1 Juta Subscriber, Berapa Pendapatan YouTuber Bayu Skak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com