Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor “Ekstrem” Intel Core i9 Juga Hadir di Laptop?

Kompas.com - 29/11/2017, 14:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Intel telah memperkenalkan jajaran prosesor kelas atas seri Core i9 dengan arsitektur Coffee Lake, untuk komputer desktop. Belakangan, sebuah bocoran memperlihatkan bahwa prosesor ekstrem bertenaga besar itu juga akan hadir untuk laptop.

Hal tersebut diketahui dari software diagnostik dan benchmark sistem Aida64. Dalam nota rilis versi beta terkini, Aida64 mencantumkan nama sejumlah prosesor Intel yang belum resmi dirilis.

Salah satunya adalah Core i9-8950HK untuk laptop yang memiliki 6 core and 12 thread, TDP 45 watt, dan cache level-3 sebesar 12 MB. Untuk diketahui, prosesor laptop biasanya mentok di jumlah 4 core CPU saja. Karena itu jumlah 6 core bisa disebut ekstrem untuk saat ini.

Core i9-8950HK yang termasuk dalam seri prosesor Intel Core i9-8000H ini sekaligus menjadi chip Core i9 berarsitektur Coffe Lake pertama untuk laptop.

Di desktop, chip Coffee Lake dengan jumlah core dan thread yang sama sebenarnya dikategorikan dalam kelas Core i7. Namun, untuk laptop, Core i9-8950HK mendapat sebutan “i9” karena masuk di jajaran kelas atas.

Nota rilis Aida64 beta yang membocorkan keberadaan sejumlah prosesor baru dari Intel, termasuk chip kelas atas Core i9 untuk laptop.wccftech.com Nota rilis Aida64 beta yang membocorkan keberadaan sejumlah prosesor baru dari Intel, termasuk chip kelas atas Core i9 untuk laptop.

Core i9-8950HK kemungkinan bakal digunakan di laptop yang membutuhkan tenaga besar, seperti laptop untuk kebutuhan gaming atau workstation.

Selain Core i9-8950HK, nota rilis Aida64 turut membocorkan keberadaan sejumlah prosesor laptop lain yang sama-sama menggunakan arsitektur Coffee Lake, yakni Core i3-8300H, Core i5-8400H, Core i7-8750H, dan Core i7-8850H.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechSpot, Rabu (29/11/2017), nota rilis Aida64 juga menuliskan nama-nama prosesor Intel Core i3 dan Core i5 dari generasi ke-9 yang belum diumumkan.

Nomor model prosesor-prosesor ini diawali dengan angka “9”. Belum ada informasi lain yang diketahui tentang keluarga chip Intel Core generasi ke-9 di samping namanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechSpot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com