HDMI 2.1 Resmi, Dukung Video 10K dan Dynamic HDR - Kompas.com

HDMI 2.1 Resmi, Dukung Video 10K dan Dynamic HDR

Oik Yusuf
Kompas.com - 30/11/2017, 08:39 WIB
Ilustrasi video 10K.HDMI Forum Ilustrasi video 10K.

KOMPAS.com - HDMI Forum, organisasi yang menetapkan standar untuk kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface, kabel penghantar sinyal video dan audio ke perangkat output) pekan ini merilis standar HDMI 2.1 terbaru.

Standar HDMI 2.1 sebenarnya telah diumumkan di ajang CES 2017 pada awal tahun, namun sekarang telah difinalisasi dan siap diterapkan oleh para pabrikan di perangkat audio visual masing-masing.

Dengan bandwidth mencapai 48 Gbps, HDMI 2.1 menambahkan dukungan video dengan resolusi sangat tinggi, mencapai 10K, berikut dengan support video 4K dengan refresh rate 120 Hz dan video 8K dengan refresh rate 60 Hz.

Konektor HDMI banyak digunakan di perangkat audio visual modern, mulai dari media player, TV, komputer, hingga konsol game.Wikipedia Konektor HDMI banyak digunakan di perangkat audio visual modern, mulai dari media player, TV, komputer, hingga konsol game.
Konten video 10K sendiri belum tersedia sekarang. Sementara baru segelintir perangkat seperti kamera yang mendukung perekaman format 8K. Format 10K kemungkinan ditujukan untuk keperluan komersil dan specialty, alih-alih konsumen umum.

Ada juga dukungan Dynamic HDR, serta sejumlah fitur yang berguna untuk gamer seperti Variable Refresh Rate (VRR), Quick Frame Transport (QFT), dan Quick Media Switching (QMS).

VRR dan QFT bisa mengurangi lag, frame tearing, dan stutttering sehingga game bisa berjalan lebih mulus di perangkat output (misalnya monitor atau TV).

Sementara QMS meminimalisir waktu layar kosong (blank screen) sebelum konten mulai ditampilkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (30/11/2017).

Standar HDMI 2.1 kompatibel dengan semua spesifikasi HDMI sebelumnya sehingga perangkat HDMI baru tetap bisa digunakan dengan perangkat HDMI lama, hanya saja mungkin ada beberapa fitur baru yang tak bisa berjalan.

PenulisOik Yusuf
EditorReza Wahyudi
SumberENGADGET
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM