Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Bakal Punya Fitur Anti-pengintip?

Kompas.com - 30/11/2017, 14:26 WIB
Rizky Chandra Septania

Penulis

Sumber The Verge

 

KOMPAS.com - Smartphone Android di masa depan kemungkinan bakal memiliki teknologi anti-pengintip layar. Teknologi ini bisa mengetahui jika ada orang lain yang melihat layar ponsel, selain pemiliknya.

Sebab, Google selaku pembuat OS Android dikabarkan tengah mengembangkan sebuah kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi wajah orang asing yang tengah mengintip layar.

Kemampuan ini diciptakan dengan memanfaatkan kamera depan yang dikombinasikan dengan sistem deteksi wajah dan tatapan mata. Inilah yang kemudian membuat fitur tersebut mampu mengidentifikasi siapa pun yang sedang melirik layar ponsel selain penggunanya.

Melalui sebuah video demo yang diunggah di Youtube, seseorang tampak tengah megetik pesan di WhatsApp. Tak berselang lama, orang asing datang melirik layar ponsel tersebut.

Seketika, tampilan WhatsApp akan berganti menjadi kamera depan dan menampilkan peringatan ada orang asing yang sedang menatap ponsel. Tampilannya dilengkapi dengan kotak merah yang mengidentifikasi wajah orang asing, serta garis penunjuk berwarna pelangi.

Ketika orang asing tersebut tidak lagi menaruh pandangan ke layar, antarmuka WhatsApp dimunculkan kembali seperti semula.


Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (30/11/2017), sistem ini diklaim mampu bekerja dalam berbagai kondisi pencahayaan yang berbeda. Selain itu, Hee Jung Ryu dan Florian Schroff yang merupakan periset Google menambahkan, sistem kecerdasan buatan ini memiliki waktu reaksi hanya dua milidetik

Ide ini sebetulnya pertama kali ditemukan oleh salah satu startup dunia digital, Quartz. Namun, perangkat yang disebut sebagai e-screen protector ini masih dalam tahap pengembangan.

Meski demikian, belum diketahui apakah Google bakal benar-benar memasukkan fitur ini di OS Android versi mendatang atau tidak. Namun yang pasti, fitur ini dapat membantu pengguna meningkatkan keamanan informasi yang ada di ponselnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com