Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Kembangkan Fitur Mirip Snapchat

Kompas.com - 01/12/2017, 08:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - YouTube sedang menguji coba fitur teranyar yang dinamai “Reels”. Mekanismenya lebih kurang mirip dengan Snapchat maupun Instagram Stories, memungkinkan pengguna membagikan foto dan video pendek terkait aktivitas sehari-hari.

Adapun tujuan Reels adalah memberikan alternatif bagi para kreator YouTube untuk berekspresi. Pasalnya, video-video utama YouTube biasanya melewati proses produksi dan pengeditan yang matang.

Sama seperti Snapchat dan Instagram Stories, konten Reels digadang-gadang bakal lebih apa adanya dan spontan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (1/12/2017), dari TheVerge.

Reels bakal memiliki tab sendiri agar kontennya terpisah dari video-video utama YouTube. Saat ini fitur tersebut baru bisa dijajal segelintir kreator YouTube. Belum jelas kapan Reels bakal hadir untuk semua orang.

Kendati prinsipnya familiar dengan Snapchat dan Instagram Stories, Reels masih punya keunikan. Konten-konten di dalam Reels tak akan hilang setelah 24 jam.

Konten-kontennya akan tetap tersimpan, kecuali sang kreator ingin menghapusnya. Selain itu, kreator juga bisa memiliki multiple Reels dengan set video atau tema yang seirama.

Misalnya saja tema Reels berjudul “cooking tips”, maka kreator bisa memasukkan cuplikan video-video pendek seputar tips memasak. Lantas ada tema Reels berjudul “trip”, maka seharusnya kontennya berisi hal-hal terkait liburan.

Lantas bagaiamana cara membuat konten Reels? Anda cukup merekam video via smartphone dengan durasi maksimal 30 detik. Selanjutnya sisipkan filter, musik, atau teks.

“Kami juga membawa fitur-fitur seperti menghubungkan (link) video Reels ke video utama YouTube dan menyematkan stiker,” kata Product Lead - Community YouTube, Roy Livne.

Inisiasi baru dari YouTube ini seiring dengan perekrutan Todd Sherman yang sebelumnya menjabat Lead Product Manager di Snapchat. Belum jelas apakah Todd Sherman akan khusus mengurus Reels atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com