Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Vendor Smartphone Paling Laris

Kompas.com - 04/12/2017, 11:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gartner

KOMPAS.com - Sebanyak 383 juta unit smartphone terjual di pasaran global sepanjang kuartal ketiga 2017. Angka itu mencatat kenaikan tiga persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Firma penelitian Gartner mengatakan industri smartphone menunjukkan performa positif sepanjang tahun ini. Dalam tiga bulan terakhir saja, lima vendor smartphone terlaris semuanya bertumbuh di kisaran dobel digit.

Hanya Apple satu-satunya vendor yang masuk lima besar namun tak tumbuh dobel digit, melainkan hanya 5,7 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun lalu. Apple meraup 11,9 persen pangsa pasar pada periode ini dengan menjual 45,4 juta unit smartphone.

Angka itu menjadikan posisi Apple tetap aman di nomor dua. Sementara peringkat pertama masih dipegang Samsung dengan pangsa pasar 22,3 persen untuk penjualan 85,6 juta unit smartphone.

“Lini-lini baru seperti Galaxy S8, S8 Plus, dan Note 8, meningkatkan permintaan untuk smartphone Samsung, yang mana membantu untuk berkompetisi dengan pabrikan China,” kata Research Director Gartner, Anshul Gupta.

“Terakhir kali Samsung mencapai pertumbuhan dobel digit adalah kuartal empat 2015,” ia menambahkan.

Tabel penjualan smartphone kuartal III 2017.Gartner Tabel penjualan smartphone kuartal III 2017.

Posisi ketiga ditempati Huawei dengan pangsa pasar 9,5 persen. Tak kurang dari 36,5 juta smartphone dijual dalam periode tiga bulan terakhir.

Untuk tempat keempat dan kelima masing-masing diduduki Oppo dan Xiaomi dengan pangsa pasar 7,7 persen dan 7 persen. Oppo menjual 29,4 juta unit smartphone, sementara Xiaomi 26,8 juta smartphone selama kuartal ketiga ini.

Secara umum, terlihat penurunan minat pembelian smartphone di wilayah China dan peningkatan tampak pada regional Asia Pasifik. Hal ini menunjukkan penetrasi smartphone semakin meluas di wilayah Asia Pasifik yang potensi pertumbuhannya masih besar.

Baca juga : Daftar 5 Besar Merek Smartphone di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gartner
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com