Samsung Uji Coba Internet 5G di Kereta Berjalan, Hasilnya? - Kompas.com

Samsung Uji Coba Internet 5G di Kereta Berjalan, Hasilnya?

Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Kompas.com - 06/12/2017, 19:12 WIB
ilustrasi inernet 5Gmobilegeeks ilustrasi inernet 5G

KOMPAS.com - Setelah spesifikasi jaringan broadband generasi kelima atau 5G diluluskan oleh International Telecommunication Union (ITU), Samsung melakukan uji coba hardware untuk mengukur teknologi 5G miliknya. Kali ini uji coba dilakukan di dalam kereta yang sedang berjalan.

Dalam uji coba mutakhirnya, kecepatan maksimum 5G mencapai 1.7 Gbps atau 17.000 Mbps untuk downlink dan uplink.

Uji coba tersebut dilakukan di dalam sebuah kereta yang sedang berjalan di Saitama, Jepang dengan kecepatan kereta sekitar 100 km/jam dengan jarak tempuh 1,5 km. Dengan kecepatan jaringan tersebut, alhasil bisa mengunduh (download) video beresolusi 8K dan mengunggah (upload) video 4K dalam perjalanan.

Hardware yang dilibatkan dalam ujicoba ini terdiri dari router 5G (CPE), akses radio (5G radio) RAN virtual, dan pusat jaringan virtual. Uji coba ini dilakukan Samsung bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi asal Korea Selatan, KDDI.

Baca juga : Menakar Kesiapan Indonesia Menyambut Jaringan 5G

"Keberhasilan uji coba hari ini (1/12/2017) di setiap lokasi seperti di dalam kereta dan di stasiun kereta api adalah batu loncatan penting yang mengindikasikan jika komersialisasi 5G semakin dekat", jelas Staff Senior Eksekutif Manajer KDDI, Yoshika Uchida.

Menurut laporan yang KompasTekno rangkum dari situs Neowin, Rabu (6/11/2017), jaringan 5G ditargetkan akan bisa diluncurkan pada 2020 mendatang.

"KDDI akan melanjutkan eksplorasi uji coba dengan skenario yang lebih nyata untuk penggunaan 5G yang lebih beragam dan pengembangan bisnis bersama Samsung", imbuhnya.

Sebelum percobaan ini, KDDI dan Samsung pernah melakukan uji coba serupa pada Februari lalu dengan dua skenari,o dan hasilnya pun positif.

Skenario pertama, hardware 5G dipasang di dalam mobil yang berjalan dengan kecepatan 60 km/jam di antara dua BTS 5G di jalan tol yang ramai. Skenario kedua adalah pengujian koneksi 5G di spektrum 28 Ghz. Dari kedua skenario tersebut, tercatat kecepatan puncak mencapai 3,7 Gbps.

Sebagai perbandingan, uji coba seperti skenario pertama pernah dilakukan tiga tahun lalu dan hanya menghasilkan kecepatan download 150 Mbps.

Baca juga: Diuji di Indonesia, Internet 5G Ericsson Tembus 5 Gbps

PenulisWahyunanda Kusuma Pertiwi
EditorReska K. Nistanto
SumberNeowin
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM