Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Vakum, Vine Bakal Hidup Kembali?

Kompas.com - 07/12/2017, 10:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Sudah hampir setahun platform berbagi video pendek “Vine” vakum, jika tak mengatakan mati. Aplikasi tersebut digantikan “Vine Camera” yang sejatinya memiliki fitur dan fungsi serupa.

Bedanya, Vine Camera tak memiliki basis komunitas yang sebelumnya ada pada Vine. Vine Camera hanyalah aplikasi pengeditan video tanpa kemampuan membagikan hasilnya ke teman dan saling mengomentari.

Tak ingin lama-lama hiatus, Vine sepertinya siap kembali unjuk gigi sebagai wadah berbagi antar para kreator dan komedian. Pendiri Vine, Dom Hofmann, mengindikasikan hal tersebut melalui kicauannya di Twitter.

Dom Hoffman membagikan sebuah logo yang menuliskan “V2”. Warna dan bentuk logo tersebut serupa dengan Vine. Alhasil banyak yang berasumsi bahwa V2 adalah “Vine 2.0”, versi reborn dari Vine.

Baca juga : Batal Ditutup, Vine Berubah Jadi Aplikasi Kamera

Hingga berita ini ditayangkan, kicauan yang mengundang banyak tanya itu diganjar 123.000 retweet, 263.000 like, dan 6.800 obrolan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (7/12/2017), dari akun Twitter Dom Hofmann (@dhof).

Asumsi soal Vine 2.0 diperkuat dengan kicauan-kicauan Dom Hofmann pada 1 Desember lalu. Ia mengatakan bakal menindaklanjuti alias follow-up nasib Vine.

Tak perlu mencari investor, ia siap mendanai sendiri pengembangan Vine sebagai proyek sampingan. Pasalnya, Dom Hofmann punya pekerjaan utama yang tetap menjadi prioritas.

Seperti apa Vine 2.0 yang tengah dikembangkan? Apakah bakal menjadi ancaman bagi platform video lainnya seperti Instagram, Snapchat, dan YouTube? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com