Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Android Bisa Samai iPhone X Berkat Snapdragon 845

Kompas.com - 08/12/2017, 09:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

HAWAII, KOMPAS.com - Dari sekian banyak peningkatan dan fitur baru yang disematkan Qualcomm di chip mobile Snapdragon 845, salah satunya adalah kemampuan 3D facial recognition alias pengenalan wajah secara tiga dimensi ala Apple Face ID.

Bersama dengan kehadiran chip anyar dari Qualcomm tersebut, para pabrikan Android pun nanti bakal memiliki opsi untuk menerapkan fitur biometrik seperti kepunyaan iPhone X itu. (Baca juga : Apple Jelaskan Cara Kerja Face ID iPhone X)

“Ya, Anda akan melihat pabrikan-pabrikan Android menerapkan teknologi biometrik ini di produk mereka, termasuk pengenalan wajah tiga dimensi,” ujar Executive Vice President Qualcomm, Cristiano Amon, menjawab pertanyaan KompasTekno di sela acara Qualcomm Snapdragon Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Kendati demikian, Amon mengingatkan bahwa ada tidaknya fitur pengenal wajah ala iPhone X ini di ponsel Android tergantung pada pabrikan perangkat yang bersangkutan, apakah ingin menerapkan atau tidak.

Fitur 3D Facial Recognition agaknya juga akan memerlukan hardware khusus berupa kamera depth sensing dan proyektor titik inframerah seperti yang digunakan di iPhone X.

Snapdragon 845 juga mendukung bentuk-bentuk biometrik lain di luar 3D Facial Recognition.

“Anda juga bisa menggunakan pemindai sidik jari, misalnya diletakkan di balik layar, dan pemindai iris mata. Semua  opsi biometrik itu tersedia untuk para rekanan hardware,” lanjut Amon.

Dibandingkan dengan teknologi Face ID iPhone X yang menggunakan 30.000 titik proyeksi inframerah untuk memetakan wajah, teknologi sejenis dari Qualcomm mungkin bakal akurat karena mendukung hingga 50.000 titik.

Selain Qualcomm, Huawei juga mengembangkan teknologi serupa yang bahkan lebih ambisius karena menggunakan 300.000 titik infra merah untuk mengenali wajah, atau 10 kali lebih banyak dibandingkan iPhone X.

Snapdragon 845 sendiri baru akan mulai hadir di ponsel flagship pada awal tahun 2018. Salah satu pabrikan yang sudah memastikan bakal memakai chip ini di ponselnya adalah Xiaomi dengan smartphone Mi 7. (Baca juga : Xiaomi Mi 7 Dipastikan Pakai Snapdragon 845, Andalkan AI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com