Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Resmi Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 08/12/2017, 10:31 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Cukup lama menjadi buah bibir di internet, Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akhirnya resmi meluncur dalam sebuah acara di China, Kamis (7/12/2017) lalu.

Smartphone menengah ke bawah terbaru Xiaomi tersebut mengusung layar berbingkai tipis atau diistilahkan “FullView” dengan aspek rasio 18:9. Fitur pemindai sidik jari (fingerprint scanner) juga disertakan di bagian belakang, di bawah lensa kamera.

Kapasitas baterainya pun bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas, dan yang paling penting harganya ramah kantong. Berikut spesifikasi Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Selengkapnya.

Xiaomi Redmi 5

Lini standar yang menyasar kelas menengah ke bawah ini hadir dengan layar kelas phablet ukuran 5,7 inci. Mengikuti jejak tren masa kini, aspek rasio Redmi 5 pun sudah 18:9 dengan resolusi HD+.

Chipsetnya menggunakan Qualcomm Snapdragon 450 yang dibangun dengan teknologi pemrosesan 14 nm. Komponennya mencakup CPU octa-core dengan kecepatan clock 1,8 GHz.

Ada dua versi kapasitas memori dan RAM yang disediakan Xiaomi utuk Redmi 5. MiFans bisa memilih antara RAM 2 GB dengan memori 16 GB, atau RAM 3 GB dengan memori 32 GB. Redmi 5 juga menyediakan slot microSD yang memungkinkan penambahan kapasitas memori penyimpanan hingga 128 GB.

Meski Redmi 5 hadir dengan sistem operasi Android Nougat 7.1.2 yang kini terhitung usang, antarmukanya sudah memakai MIUI 9 termutakhir. Antarmuka tersebut dikatakan paling stabil dan membawa fitur-fitur apik semacam intelligent assistant dan picture-to-picture mode.

Xiaomi Redmi 5 dan redmi 5 PlusXiaomi Xiaomi Redmi 5 dan redmi 5 Plus
Soal kamera, Redmi 5 bisa dikatakan standar dengan kualitas 12 megapiksel di belakang dan 5 megapiksel untuk selfie. Kapasitas baterai 3.300 mAh dianggap cukup untuk menopang semua aktivitas digital pengguna.

Xiaomi Redmi 5 Plus

Sesuai namanya, Redmi 5 Plus mengusung layar yang lebih besar dari Redmi 5, yakni 5,99 inci. Selebihnya, desain tetap sama dengan layar FullView berasio 18:9.

Spesifikasi Redmi 5 Plus sedikit ditingkatkan, misalnya prosesor Snapdragon 625 yang lebih garang ketimbang Snapdragon 450. Pilihan kombinasi RAM dan memorinya pun lebih tinggi, yakni 3 GB/32 GB atau 4 GB/64 GB.

Bonus lain pada Xiaomi Redmi 5 Plus adalah baterai yang kapasitasnya 4.000 mAh. Diramalkan kapasitas tersebut mendukung aktivitas pengguna selama seharian tanpa perlu di-charge berkali-kali.

Spesifikasi kamera dan pemindai sidik jari serupa dengan Redmi 5 reguler, sebagaimana dilaporkan GSMArena dan dihimpun KompasTekno, Jumat (8/12/2017)

Redmi 5 dan Redmi 5 Plus hadir dalam pilihan warna Black, Blue, Pink, dan Gold. Pasca dirilis resmi, penjualan perdana kedua smartphone dimulai pada 12 Desember mendatang di China.

Redmi 5 dijual mulai 120 dollar AS (Rp 1,6 jutaan) hingga 135 dollar AS (Rp 1,8 jutaan). Sementara itu varian Plus sedikit lebih mahal, yakni mulai 150 dollar AS (Rp 2 jutaan) hingga 195 dollar AS (Rp 2,6 jutaan). Belum ada informasi kapan Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus dipasarkan resmi di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com