Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Stories Kini Bisa Tahan Lebih dari 24 Jam

Kompas.com - 08/12/2017, 19:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Instagram kembali meniru fitur Snapchat. Kali ini, fitur Memories milik Snapchat yang dirilis tahun lalu diadopsi oleh Instagram. Versi Instagram, fitur Memories milik Snapchat diberi nama Archive dan Highlights (Arsip dan Sorot).

Kedua fitur ini diluncurkan secara global pada Rabu (6/12/2017) lalu. Fitur Archive dan Highlights memungkinkan Stories bertahan lebih dari 24 jam, yakni dengan cara mengarsipkannya di Profile.

Pemberitahuan fitur baru ini sudah tersedia bagi semua pengguna Instagram ketika Stories diunggah.

Fitur Arsip

Pilihan Arsip ada di menu 'lainnya' yang berada di pojok kanan bawah. Kualitas Foto atau video yang diarsipkan akan sama dengan yang diunggah. Stories yang diarsipkan juga menampilkan tanggal Stories diunggah.

Baca juga: Bikin Instagram Stories Kini Tak Perlu Pakai Aplikasi

Hasil pengarsipan bisa diunggah lagi ke fitur Highlights (Sorot), pesan langsung (DM), feed Instagram pengguna, atau mengunduhnya lagi kemudian diposting ulang di Stories. Hasil arsipan Stories bisa dilihat di menu bergambar jam yang terletak di pojok kanan atas.

Instagram tahu kebutuhan kapasitas penyimpanan di ponsel penggunanya. Sebelum fitur ini muncul, kebanyakan pengguna Instagram mengunduh Stories mereka, sehingga mengurangi kapasitas penyimpanan di ponsel. Dengan menyimpan Stories di profil, maka ruang penyimpanan internal ponsel bisa sedikit lega.

Fitur Sorot 

Sedangkat fitur Highlights (Sorot) bisa digunakan dengan meng-klik simbol menu Highlights bergambar hati di dalam lingkaran yang berada di bawah, tepat ditengah-tengah menu 'bagikan' dan 'lainnya'.

Untuk membuat Highlights-Stories baru, pengguna cukup memberi nama Stories yang dipilih untuk disorot. Tinggal pilih gambar mana yang ingin digunakan sebagai sampul Highlights-Stories. Hasil Highlights akan muncul di bagian atas profil pengguna.

Pengguna bisa menambah hingga 100 foto atau video untuk Highlights-Stories dan tidak ada batasan jumlah Highlights yang bisa dibuat. Tapi jika lebih dari 100 foto atau video ditambahkan, maka Stories yang pertama akan terhapus dan dipindahkan ke fitur Archive/Arsip.

Baca juga: Cara Mudah Simpan Instagram Stories di Android

Namun jika tidak ingin tersimpan di Arsip, cukup menon-aktifkan fitur Arsip yang terdapat di bagian pengaturan. Highlights pun bisa dibuat dari gambar yang diarsipkan.

Dengan pengelolaan yang baik, fitur Sorot bisa digunakan milenial Instagram untuk membangun personal branding secara digital. Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (8/12/2017) , banyak pengguna Instagram muda yang menghabiskan waktunya untuk mengurasi dan menata ulang foto-foto yang ada di halaman profil mereka.

Untuk mendapatkan dua fitur ini, pengguna mesti memperbarui versi Instagram mereka. Update akan dirilis secara bertahap oleh Instagram untuk masing-masing wilayah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com