Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Bikin Video Kenangan "Year in Review" di Facebook

Kompas.com - 09/12/2017, 10:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di penghujung tahun 2017, Facebook meluncurkan fitur khusus untuk merekap kaleidoskop selama 2017 yakni fitur Year in Review. Dengan fitur Year in Review, momen pengguna selama 2017 akan dirangkum dan dijadikan dalam satu video singkat yang unik.

Video tersebut akan menampilkan foto-foto yang diunggah pengguna maupun ditandai pengguna lain, teman-teman yang baru ditambahkan dan ucapan-ucapan ulang tahun. Fitur ini sudah bisa digunakan sejak tanggal 6 Desember lalu.

Untuk membuat video Year in Review, pengguna bisa mengunjungi laman resmi Facebook Year in Review di tautan berikut ini, kemudian klik tombol Request Video berwarna biru.

Pengguna bisa mengedit foto-foto mana yang ingin dipilih untuk ditampilkan di video dan membagikannya di timeline.

Dengan teknologi kecerdasan buatan dari Facebook, momen pengguna dipilih berdasarkan kata kunci harian yang banyak diposting pengguna terhitung sejak 1 Januari hingga 1 November. Facebook juga meninjau produk Facebook yang paling banyak digunakan pada saat momen teratas tahun 2017.

Baca juga : Ini 10 Momen Paling #RamediTwitter Sepanjang 2017

Rangkuman peristiwa dunia

Selain membuat fitur khusus kaleidoskop untuk pengguna, Facebook sendiri telah merangkum peristiwa-peristiwa penting yang banyak dibicarakan di platform ini.

Dari rilis yang dirangkum KompasTekno, Sabtu (9/12/2017), setidaknya ada tujuh peristiwa penting dunia di tahun 2017 yang diklasifikasi menjadi tiga momen.

Pertama adalah momen yang banyak didiskusikan secara global. Ada tiga peristiwa penting di momen ini yaitu peringatan Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret, pertandingan olahraga Super Bowl 51 di NRG Stadium, Houston, Texas, dan kekerasan yang terjadi di Las Vegas awal Oktober lalu.

Momen kedua adalah momen amal dimana orang-orang bahu-membahu secara digital di Facebook untuk penggalangan dana. Tiga peristiwa penting di momen amal ini adalah gempa bumi di Mexico pada 19 September, badai Harvey di akhir Agustus lalu yang berhasil mengumpulkan lebih dari 20 juta dollar AS (Rp 270 jutaan).

Baca juga : 5 Foto Instagram Terpopuler 2017, Kehamilan Beyonce Jadi yang Teratas

Adapun konser amal penyanyi pop Ariana Grande di Manchester, Inggris untuk korban teror Manchester yang terjadi 22 Mei silam berhasil mengumpulkan dana sebesar 450.000 dollar AS (Rp 6 triliun).

Momen terakhir, adalah peristiwa yang menghubungkan semua orang dari berbagai belahan dunia. Facebook mencatat dua peristiwa penting, yakni gerhana matahari total bulan Agustus dan Women's March di Washington DC pada 21 Januari 2017.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com