Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Tingkatkan Kualitas Suara Ponsel USB Type-C

Kompas.com - 09/12/2017, 16:09 WIB
Oik Yusuf

Penulis

MAUI, KOMPAS.com - Konektor audio 3,5 mulai menghilang dari smartphone seiring langkah beberapa vendor melenyapkannya dan mengganinya dengan keluaran audio via konektor USB Type-C.

Pengguna yang ingin mengubah output audio USB Type-C ke colokan 3,5 mm bisa menggunakan dongle converter. Masalahnya, dongle ini biasanya menghasilkan keluaran suaran yang kurang bagus.

Masalah tersebut coba diatasi Qualcomm dengan menghadirkan codec digital to analog converter (DAC) bermama Aqstic ATQ1000. Bentuknya serupa dongle converter dengan imput USB Type-C dan output audio 3,5 mm. Hanya saja, kualitas DAC di dalamnya lebih tinggi.

“Aqstic ATQ1000 mendukung sampling rate hingga 384 KHz, 32 bit, serta dynamic range lebih dari 120 desibel,” ujar Senior Director Product Managemen Qualcomm, Ravi Satya, ketika mengumumkan kehadiran Aqstic ATQ1000 di ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2017 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat, Kamis (7/12/2017).

Aqsttic ATQ1000                        Oik Yusuf/KOMPAS.com Aqsttic ATQ1000
ATQ1000 turut mendukung Direct Stream Digital (DSD) yang disukai para penggemar audio, lantaran dinilai bisa menghasilkan suara paling alami dibanding format lain.

Sebelumya, Qualcomm sudah membuat DAC dan codec audio. Namun, ini merupakan DAC Hi-Fi USB Type-C pertama yang dibikin oleh perusahaan tersebut.

Qualcomm tidak membuat sendiri Aqstic ATQ1000 untuk dijual langsung ke konsumen. Hal itu diserahkan kepada piihak rekanan hardware yang tertarik memproduksi dan menjual DAC USB Type-C ke audio 3,5 mm berkualitas tinggi tersebut.

Bagaimana dengan waktu kehadirannya?

“Akan mulai tersedia pada tahun depan,” lanjut Ravi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com