Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Resmi Akuisisi Shazam Rp 5,4 Triliun

Kompas.com - 12/12/2017, 09:09 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple resmi mengakuisisi Shazam, startup yang membuat aplikasi pengenal judul musik dan video. Nilai akuisisi Apple terhadap Shazam dikabarkan mencapai 400 juta dollar AS (sekitar Rp 5,4 triliun).

"Kami senang Shazam dan tim bertalentanya akan bergabung dengan Apple," demikian tulis pernyataan resmi Apple.

"Apple Music dan Shazam cocok satu sama lain, sama-sama memiliki passion di bidang pencarian musik, dan memberikan pengalaman terkait musik yang luar biasa bagi pengguna kami," imbuh Apple.

Shazam juga mengeluarkan pernyataan resminya. "Kami dapat mengumumkan bahwa Shazam telah sepakat menjadi bagian dari Apple. Shazam telah dipakai ratusan juta pengguna di seluruh dunia dan Apple adalah tempat yang cocok bagi Shazam untuk mengembangkan inovasi," demikian pernyataan Shazam.

Nilai akuisisi Shazam sebesar 400 juta dollar AS jauh di bawah valuasi Shazam yang disebut mencapai 1 miliar dollar AS saat pendanaan terakhirnya. Pendapatan Shazam sendiri pada 2016 lalu mencapai 54 dollar AS, menurut laporan perusahaan, seperti dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Selasa (12/12/2017).

Yang perlu disimak sekarang, bagaimana Apple akan menggunakan teknologi Shazam. Akankah aplikasi Shazam bakal tetap tersedia di platform Android?

Banyak yang berspekulasi bahwa Shazam akan diintegrasikan dengan layanan asisten digital Apple Siri. Apple juga bisa membuat fitur pengenal lagu terintegrasi dalam iOS, mirip yang dijumpai di smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL besutan Google.

Selain pengenal musik melalui audio, Shazam juga mengembangkan pengenal film/serial TV berdasar penggalan video, menggunakan teknologi augmented reality. Apple bisa juga tertarik dengan teknologi pengenal visual dan platform AR ini, untuk bersaing dengan Google Lens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com