Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Hashtag” Pilihan Pengguna Sudah Bisa Masuk Linimasa Instagram

Kompas.com - 13/12/2017, 13:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Instagram

KOMPAS.com - November lalu, Instagram diketahui mengujicoba kemampuan untuk mengikuti tagar (hashtag) dengan melibatkan segelintir pengguna.

Pekan ini, fitur baru tersebut telah resmi diluncurkan untuk semua pengguna Instagram. Dengan demikian, hashtag pun bisa diikuti layaknya follow teman.

Caranya cukup dengan membuka laman sebuah hashtag -bisa dengan mengetikkan hashtag di kolom search atau mengklik tulisan hashtag dalam sebuah posting- lalu klik tombol “follow” yang tersedia.

Aneka posting teratas dari hashtag yang diikuti pun akan muncul di linimasa pengguna, begitu juga dengan beberapa Stories terbaru di stories bar.

Dengan mengikuti hashtag, pengguna Instagram tak perlu lagi repot-repot mencari secara manual setiap kali ingin melihat konten dalam laman tagar dimaksud.  

Sumber konten di linimasa pun jadi bertambah. Dengan mengikuti hashtag, aliran posting tak hanya berasal dari akun teman saja, tapi juga para pengguna lain yang mengunggah foto dengan tagar yang diikuti.

Tombol follow akan muncul di laman tagar (kiri). Setelah diikuti, aneka posting dengan tagar yang di-follow akan muncul di timeline pengguna (tengah). Untuk melihat tagar apa saja yang diikuti oleh seorang teman, pengguna bisa melihat kolom hashtag di samping kolom pople ketika melihat daftar follower (kanan).Instagram Tombol follow akan muncul di laman tagar (kiri). Setelah diikuti, aneka posting dengan tagar yang di-follow akan muncul di timeline pengguna (tengah). Untuk melihat tagar apa saja yang diikuti oleh seorang teman, pengguna bisa melihat kolom hashtag di samping kolom pople ketika melihat daftar follower (kanan).

“Sekarang jadi lebih mudah untuk tetap mengikuti topik-topik , hobi, kegemaran, dan komunitas yang menarik bagi Anda,” sebut Instagram dalam sebuah posting pengumuman, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Rabu (13/12/2017).

Selain itu, pengguna juga bisa mengunjungi laman profil teman-teman untuk melihat hashtag yang diikuti oleh mereka. Letaknya di kolom “Hashtag”, di samping kanan kolom “People” ketika melihat daftar follower.  

Pengguna bisa berhenti mengikuti sebuah hashtag kapanpun dengan menekan tombol “following” di samping hashtag. Instagram kemudian akan menampilkan opsi “unfollow”.

Fitur follow hashtag akan mengikuti kebijakan privasi pengguna. Apabila akun disetel ke “private”, maka daftar hashtag yang diikuti hanya akan bisa dilihat oleh follower saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com