Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Permudah Bikin "Kultwit" dengan Fitur Thread

Kompas.com - 14/12/2017, 07:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setelah Twitter menggandakan jumlah karakter dua kali lipat menjadi 280 karakter, para penggunanya seolah senang bisa membuat postingan yang panjang. Bulan November lalu, Twitter sempat menguji coba fitur untuk 'merapikan' cuitan-cuitan panjang atau yang mereka sebut sebagai tweetstorm.

Sekarang, fitur tersebut resmi diluncurkan secara global dengan nama thread. Fitur thread atau percakapan berurut memungkinkan pengguna membuat kultwit atau postingan berantai yang membahas satu topik, dengan cara lebih mudah.

Fitur thread sudah tersedia pada versi desktop. Twitter meyakinkan akan meluncurkan fitur ini ke versi mobile Android dan iOS dalam waktu dekat.

Jika sebelumnya kultwit harus disertai dengan nomor atau tagar (hashtag) untuk menautkan satu postingan ke postingan lain dalam satu topik, maka dengan thread, kultwit bisa dibuat dalam satu postingan saja.

Baca juga : Ini Dia Kicauan Terpopuler di Twitter 2017

Caranya cukup dengan menekan tombol 'tambah' di sebelah tombol 'Tweet semua' setelah mencapai batas 280 karakter. Setelah serial postingan dirasa cukup, tekan tombol 'Tweet semua' untuk memposting kultwit dalam satu waktu.

Hasilnya, cuitan akan muncul terpisah seperti "kultwit' pada umumnya tanpa harus memposting satu persatu.


Pengguna juga bisa menambahkan serial postingannya di waktu yang berbeda dengan menekan tombol 'tambahkan tweet lain' yang berada di bawah postingan terakhir. Bagi pengikut (followers) yang ingin membaca serial kultwit, cukup meng-klik 'tampilkan utas ini'.

Dirangkum KompasTekno dari blog resmi Twitter, Kamis (14/12/2017), fitur thread terinspirasi dari pengguna Twitter, dimana sebelumnya pengguna sudah menerapkan metode thread dengan menautkan reply ke postingan utama.

Selain menggunakan hashtag, pengguna biasanya me-reply postingan utamanya sendiri untuk membuat kultwit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com