Rangkaian IWIC 2017 Selesai, Ini Para Pemenangnya - Kompas.com

Rangkaian IWIC 2017 Selesai, Ini Para Pemenangnya

Kompas.com - 14/12/2017, 10:03 WIB
Grand Final IWIC-11, Rabu (13/12/2017), di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Grand Final IWIC-11, Rabu (13/12/2017), di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian kompetisi inovasi teknologi  Indosat Wireless Innovation Contest ( IWIC) ke-11 akhirnya mencapai puncaknya pada Rabu (13/12/2017), setelah dimulai pada akhir September lalu.

Mengusung tema “Digital Nation”, IWIC 11 Indosat menerima lebih dari 3.000 ide dan aplikasi dari empat kategori yang dilombakan, masing-masing adalah Kids & Teens, Beginner, Professional, serta Women & Girls.

Keempat kategori menuntut peserta adu kreativitas untuk menciptakan solusi digital di bidang Entertainment, Utility, Media, dan Special Needs. Para peserta bebas menggunakan platform apa saja, baik Android, iOS, hingga Windows Mobile.

Adapun peserta tak cuma berasal dari Indonesia, melainkan juga Vietnam, Korea Selatan, India, Filipina, Singapura, bahkan Kenya. Kompetisi berskala global ini sedikit banyak mengasah daya saing anak-anak Indonesia menghadapi tantangan internasional.

Baca juga: IWIC 2017, Indosat Buka API untuk Pengembang Lokal

“Kami berkomitmen mendorong program pemerintah untuk transformasi digital pada 2020. Semuanya dimulai dari anak-anak kita,” kata CEO sekaligus Presiden Direktur Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi, di atas panggung acara.

“Kami berharap IWIC bisa menjadi tempat lahir dan berkembangnya para developer muda Indonesia yang mampu bersaing di kancah global,” ia menambahkan.

Lantas, siapa saja pemenang ajang IWIC kali ini?

Kategori Kids & Teens (ideas)

Juara 1: Gavka (Mezbareta Fathir Gavindaffa / 12 Tahun / Jakarta). Gavka merupakan Robot Pintar Sahabat Anak Indonesia berbasis teknologi IoT yang akan mempermudah pengawasan bayi, balita, dan lansia melalui deteksi gerakan menggunakan sensor PIR motion.?

Juara 2: Smart Cage (Disya Erlina Audya / 15 Tahun / Bogor). Smart Cage merupakan sistem kandang ternak ayam pintar berbasis teknologi IoT (Internet of Things) dan M2M (Machine-to-Machine) sebagai solusi permasalahan peternakan unggas.

?Juara 3: Kerjaan (Galih Tegar Febrianto / 15 Tahun / Semarang)?. Kerjaan merupakan platform penghubung pelajar SMK dan mahasiswa teknik sebagai penyedia jasa, dengan masyarakat yang punya permasalahan teknis sehingga akan saling menguntungkan.

Kategori Kids & Teens (apps)

Juara 1: Quiz Matematika (Muhammad Hafizh Bayhaqi / 10 Tahun / Bogor). Quiz Matematika merupakan game berbentuk kuis matematika yang dirancang untuk melatih kemampuan dan kecepatan berhitung anak-anak dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Juara 2: AR Sistem Tata Surya (Ahmad Reihan Alavi / 14 Tahun / Jepara)?. AR Sistem Tata Surya merupakan solusi pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR) untuk mempermudah pembelajaran siswa-siswi di seluruh Indonesia mengenai sistem tata surya.

Juara 3: Life is Precious (Shaquille Shiddiq Priata / 15 Tahun / Tangerang Selatan). Life is Precious merupakan game interaktif dengan berbagai tantangan permainan yang fokus pada topik pembelajaran serta pencegahan kecanduan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Kategori Beginner (ideas)

Juara 1: Zayna.ai (Shulhan Fauzi / 20 Tahun / Semarang)?. Zayna.ai merupakan platform Virtual Business Assistant berbasis teknologi chatbot yang akan memudahkan para pebisnis UMKM melakukan manajemen keuangan semudah chatting.

Juara 2: Smart PJU (Moch. Azril Budi Akbar / 16 Tahun / Bogor). Smart PJU merupakan solusi problematika penerangan jalan umum konvensional berupa monitoring kondisi lampu jalan secara real time dengan sistem sensor Power Logic.

Juara 3: Kerungu (Vicko Effendy / 20 Tahun / Probolinggo). Kerungu merupakan solusi komunikasi praktis bagi penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna wicara dengan mengubah suara lawan bicara menjadi sebuah visual bahasa isyarat.

Kategori Beginner (apps)

Juara 1: Urgent.id (Indra Gunawan / 26 Tahun / Bandung)?. Urgent.id merupakan platform pemesanan service perbaikan handphone dan laptop online yang tercepat dan bergaransi dengan jaminan harga, lama perbaikan, dan kualitas pekerjaan dari teknisi terpercaya.?

Juara 2: Trippie (Catharina Dheani / 22 Tahun / Jakarta)?. Trippie merupakan platform untuk memudahkan para traveller memilih Open Trip Agencies terbaik yang telah dikurasi berdasarkan perbandingan harga, kualitas, dan keunikan program, lengkap dengan sistem reward dan referral.?

Juara 3: PerangQode (Rahmat Hidayat / 21 Tahun / Padang)?. PerangQode merupakan solusi cerdas untuk menambahkan konten digital pada suatu produk, dimana pengguna bisa memasukkan video/pesan ke dalam QR Code kosong yang sudah dicetak sebelumnya dan bisa membuka peluang kanal pemasaran baru.

Kategori Professional (ideas)

Juara 1: Chicken Shelter (Sari Dwi Wahyuni / 20 Tahun / Yogyakarta). Chicken Shelter merupakan platform untuk membantu pemenuhan kebutuhan swasembada pangan ayam broiler dengan memanfaatkan sumber daya hasil kolaborasi para investor dan pemilik lahan terpilih.

Juara 2: Diperon (Ilman Na'afian Wirawan / 21 Tahun / Jakarta). Diperon merupakan solusi untuk memudahkan penyandang disabilitas tuna rungu dalam menggunakan transportasi umum KA commuter line berupa bantuan informasi perjalanan secara visual.

Juara 3: OOToday (Glynvile Satago / 25 Tahun / Filipina)?. OOToday merupakan platform fashion stylist yang akan mengenali detail item fashion apa saja yang dipakai berikut informasi jumlah like, share, comment, dan link untuk membeli item tersebut saat pengguna posting foto dirinya.

Kategori Professional (apps)

Juara 1: Homework Hero (Thomas Wiradikusuma / 34 Tahun / Bekasi). Homework Hero merupakan platform untuk membantu siswa yang kesulitan memahami pelajaran dan PR dari sekolah. Cukup dengan upload foto pertanyaan yang belum dipahami, maka tutor pilihan akan menjelaskannya melalui chatting.

Juara 2: Tumbas.in (Muhammad Fuad Hasbi / 22 Tahun / Semarang). Tumbas.in merupakan platform untuk memudahkan berbelanja di pasar tradisional langganan tanpa repot dan bisa membandingkan harga produk yang terjamin kualitasnya dari berbagai pilihan pasar tradisional terdekat.?

Juara 3: Askalo (Setyadi Aprilianto / 25 Tahun / Jakarta). Askalo merupakan platform yang menghubungkan turis dengan penduduk lokal lewat chatting. Semua pertanyaan dari turis tentang wisata akan dijawab langsung oleh penduduk lokal.

Kategori Women & Girls (ideas)

Juara 1: GetCrew (Asti Nurafala Sahir / 28 Tahun / Jakarta). GetCrew merupakan platform perekrutan dan pengelolaan crew event bagi perusahaan Agency atau Event Organizer untuk menggerakkan sektor usaha informal dengan potensi turut serta mengurangi pengangguran.?

Juara 2: Angkring (Salsabila Imtiyas / 21 Tahun / Kendal). Angkring merupakan platform untuk membantu pedagang kaki lima mempromosikan usahanya dan menghubungkannya dengan konsumen, pemerintah, pasar, dan lembaga keuangan.

Juara 3: Qluar (Karisma R. Muthmainnah / 21 Tahun / Jakarta). Qluar merupakan solusi tur wisata dengan teknologi location based AR (Augmented Reality) yang otomatis akan merekam posisi pengguna, memberikan tips liburan, dilengkapi game berburu stiker AR untuk bisa mendapatkan diskon dari merchant lokal.

Kategori Women & Girls (apps)

Juara 1: SiMaggie (Lili Nur Indah Sari / 24 Tahun / Kediri). SiMaggie merupakan platform pengolahan sampah organik menjadi maggot (belatung) sebagai alternatif pakan lele melalui konsep biokonversi dengan layanan penjualan online ke peternak lele.?

Juara 2: Lavanya (Cindy Lim / 26 Tahun / Jakarta). Lavanya merupakan platform layanan kecantikan yang menghubungkan pengguna dengan klinik kecantikan pilihan untuk membuat janji, konsultasi lewat chat, dan pembelian produk secara online.

Juara 3: Mom’s Box (Nurlaela Bahamady / 25 Tahun / Bandung)?. Mom’s Box merupakan solusi mewujudkan keinginan bunda terhadap hadiah yang diidam-idamkan di hari istimewa mereka, sehingga para sahabat mengetahuinya dan bisa memberikan kado yang paling pas tanpa khawatir akan duplikasi.

Masing-masing pemenang mendapat uang tunai mulai Rp 4 juta hingga Rp 20 juta dengan total mencapai ratusan juta rupiah.

Beda IWIC tahun ini

IWIC tahun ini yang menjadi bagian dari perayaan 50 tahun Indosat Ooredoo, telah melalui serangkaian kegiatan.

Beberapa adalah roadshow ke berbagai komunitas, APIcon yang merupakan ajang sharing pengetahuan antar komunitas developer Indonesia dan global terkait Application Programming Interface (API), penyelenggaraan Hackathon dengan tantangan membangun aplikasi kreatif dalam waktu 24 jam, sampai dengan terpilihnya 24 Finalis mengikuti Boot Camp di Kantor Pusat Indosat Ooredoo selama dua hari sebelum Grand Final.

Inovasi baru pada program IWIC 11 ini adalah dibukanya akses komunitas developer ke API Indosat Ooredoo. Ratusan peserta Hackathon IWIC 11 telah berhasil mengintegrasikan aplikasinya ke sembilan API Indosat Ooredoo yang memungkinkan aplikasi tersebut lebih cepat berinteraksi dengan pelanggan.


EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X