Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Indonesia Salah Satu yang Paling Pelan di Asia

Kompas.com - 14/12/2017, 10:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Ookla, perusahaan pernyedia layanan uji kecepatan internet Speedtest, merilis Speedtest Global Index untuk bulan November yang menampilkan daftar kecepatan internet di negara-negara di seluruh dunia.

Ada dua kategori yang ditampilkan, yakni kecepatan internet fixed broadband (kabel) dan seluler (mobile). Posisi Indonesia tak menggembirakan di keduanya, dan termasuk yang paling lamban untuk wilayah Asia Pasifik.

Indonesia hanya duduk di urutan 93 kecepatan internet fixed broadband dunia dengan mencatat angka download 13,38 Mbps, dan urutan 106 untuk kecepatan internet mobile global dengan kecepatan download 9,73 Mbps.

Di Asia Pasifik, kecepatan internet Indonesia tercatat lebih pelan dari Filipina (14,42 Mbps broadband, 12,35 Mbps mobile) serta hanya lebih kencang dari Myanmar (6,97 Mbps broadband, 11,72 Mbps mobile) dan Laos (9,52 Mbps broadband, 13,77 Mbps mobile).

Baca juga: Internet, Cepat Saja Tak Cukup

Sebaliknya, negara tetangga Singapura tercatat sebagai pemilik internet fixed broadband terkencang dengan kecepatan download mencapai 153,85 Mbps, sehingga menduduki urutan pertama.

Urutan kedua dan ketiga fixed broadband secara berturut-turut ditempati oleh Islandia dengan kecepatan download 147,51 Mbps dan Hong Kong dengan kecepatan download 133,94 Mbps.

Untuk kecepatan internet mobile, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Telecomasia, Kamis (14/12/2017), negara-negara terkencang adalah Norwegia (kecepatan download 62,66 Mbps), Belanda (kecepatan download 53,01 Mbps), dan Islandia (kecepatan download 52,78 Mbps).

Speedtest Global Index adalah daftar ranking kecepatan internet dunia yang dirilis bulanan. Data di dalamnya berasal dari kompilasi semua pengujian yang dilakukan oleh para pengguna Speedtest secara global. Untuk melihat daftar selengkapnya, silakan klik tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com