Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel dengan Pemindai Sidik Jari di Layar Muncul Awal 2018?

Kompas.com - 14/12/2017, 13:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Tren layar minim bingkai di kalangan vendor gadget membuat posisi pemindai sidik jari tergeser ke sisi belakang atau digantikan oleh teknologi biometrik lain, seperti Face ID pada iPhone X.

Ini karena belum ada teknologi pemindai sidik jari yang menyatu dengan layar perangkat. Namun, keterbatasan tersebut agaknya bakal segera tak berlaku lagi.

Perangkat pertama yang menggunakan pemindai sidik jari di layar kabarnya akan muncul dan dipamerkan dalam ajang CES 2018, Januari mendatang.

Informasi tersebut datang dari Synaptics, pabrikan yang mengembangkan optical in-display fingerprint sensor Clear ID FS9500. Alat pemindai sidik jari yang bisa disatukan dengan layar itu sudah mulai diproduksi massal.

Baca juga : Pemindai Sidik Jari Galaxy S9 Dipindah ke Layar?

Synaptics menyebutkan bahwa akan ada satu pabrikan smartphone besar yang akan mengumumkan ponsel dengan teknologi Clear ID buatannya. Perangkat ini akan memiliki pemindai sidik jari yang menyatu dengan layar.

Optical in-display fingerprint sensor Clear ID FS9500 buatan Synaptics.Synaptics Optical in-display fingerprint sensor Clear ID FS9500 buatan Synaptics.
Tapi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (14/12/2017), nama sang pabrikan ponsel dimaksud belum dibeberkan.

Dibuat khusus untuk smartphone dengan layar bezel less, Snaptics mengklaim sensor Clear ID bikinannya bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan pengenalan wajah secara 3D ala Face ID.

In-display fingerprint sensor Clear ID diaktifkan di layar hanya ketika dibutuhkan,” sebut Synaptics dalam sebuah keterangan tertulis.  

“Pengguna bisa membuka kunci perangkat dengan aman dalam berbagai situasi, seperti ketika perangkat berada di meja, dari sudut manapun, atau ketika terpasang di kendaraan dengan car mount,” imbuh Synaptics.

Karena tersembunyi di balik layar, Synaptics mengklaim sensor Clear ID tahan lama, antigores, dan antiair. Pengguna juga bisa melakukan pemindaian fingerprint meski jari dalam keadaan basah atau dingin.

“Dengan industri yang kini bergeser ke layar bezel-free OLED, penempatan paling natural bagi pemindai sidik jari adalah di layar perangkat itu sendiri,” ujar SVP dan GM divisi mobile Synaptics, Kevin Barber.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com