Distribusi Android Oreo Tak Semanis Namanya - Kompas.com

Distribusi Android Oreo Tak Semanis Namanya

Kompas.com - 14/12/2017, 14:33 WIB
Robot super hero maskot Android Oreoscreenshot Robot super hero maskot Android Oreo

KOMPAS.com - Satu bulan setelah diluncurkan, distribusi OS Android versi 8 ( Oreo) tak semanis julukannya. Android Oreo tercatat masih belum mencapai angka satu persen. Berdasarkan data yang dirilis Google dalam web deleloper Android, distribusi Android Oreo baru mencapai 0,5 persen.

Angka ini dihimpun Google selama seminggu berdasarkan perangkat yang telah mengakses Play Store per tanggal 4 Desember hingga 11 Desember 2017.

Meski rendah, distribusi Android Oreo mengalami kenaikan dibanding bulan November lalu.  Sebelumnya, Google telah menghimpun data dengan metode sama. Saat itu, tercatat distribusi Android Oreo hanya berada di angka 0,3 persen dari jumlah total.

Angka pertumbuhan distribusi AndroidGoogle developer Angka pertumbuhan distribusi Android

Sebelumnya, Android Oreo diketahui baru terpasang di ponsel besutan Google, Pixel 2. Kali ini, OS Oreo mulai merambah ke HTC 11 dan U11 Life. Sony juga sudah menggunakan OS Oreo untuk perangkat barunya yakni Xperia XZ, ZXs, dan X.

Sedangkan  pabrikan lain, seperti Essential, OnePlus dan LG, diketahui  meluncurkan program Android 8.0 beta baru-baru ini. Dengan demikian, angka distribusi Oreo kemungkinan akan meningkat.

Berbeda dengan Android 7.0 (Nougat ) yang naik 1,7 persen menjadi 19,3 persen. Sedangkan untuk Nougat versi 7.1 mengalami kenaikan satu poin menjadi 4 persen.

Meski masih bercokol di posisi pertama, Android Marshmallow mengalami penurunan 1,2 persen menjadi 29,7 persen. Penurunan yang sama juga terjadi pada Android Lolipop sebanyak 1,5 persen menjadi 27,3 persen.

Penurunan ini dianggap wajar karena pengguna dipastikan meninggalkan perangkat atau Android versi lama seiring dengan gadget baru dan penyebaran Android versi baru.

Bicara tentang OS, kompetitor Android, iOS juga merilis sistem operasi terbarunya yakni iOS 11. Jika dibandingkan dengan iOS 11, distribusi OS Android Oreo tergolong lamban.

Sejak pertama dirilis, distribusi iOS 11 mencapai 52 persen dibandingkan distribusi OS mobile Apple secara keseluruhan. Namun perlu dicatat bahwa angka ini masih kalah dibandingkan dengan distribusi iOS 10 pada saat peluncuran pertama.

Alasannya, adopsi iOS 11 pada perangkat lama menimbulkan banyak masalah pada hardware sehingga menyebabkan Apple harus melakukan peninjauan ulang.


EditorReza Wahyudi
Komentar
Close Ads X