Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna BBM Bisa Pesan Uber Saat Chatting

Kompas.com - 19/12/2017, 08:20 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Crackberry

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, layanan pesan singkat BlackBerry Messenger (BBM) mengumumkan kerja sama strategis dengan layanan ride-sharing Uber. Kini integrasi keduanya resmi diluncurkan untuk pengguna di seluruh negara, termasuk Indonesia.

Integrasi itu memungkinkan pengguna memesan armada Uber secara langsung di aplikasi BBM. Ketika sedang chatting atau melakukan kegiatan lain di BBM, tak perlu beranjak ke aplikasi Uber jika hanya ingin memesan mobil atau motor Uber.

Akses pemesanan dilakukan melalui menu “Discover”. Uber tercantum di sisi kanan bawah antarmuka Discover di aplikasi BBM, baik iOS maupun Android. Pada menu tersebut, pengguna bisa memilih ikon Uber untuk melakukan pemesanan.

Jika baru pertama kali memesan, Uber di BBM akan meminta pengguna masuk (log in) dengan nomor telepon atau akun media sosial. Sekali log in, Uber secara otomatis mendeteksi lokasi dan memroses peta digital.

Baca juga: Rabu Jadi Hari Favorit Warga Jakarta Gunakan Uber


Menu Uber di halaman Discover aplikasi BBMBBM Menu Uber di halaman Discover aplikasi BBM
Pengguna cukup memasukkan destinasi dan tekan “Request”, lantas akan diminta memilih opsi pembayaran. Selanjutnya, Uber akan mencarikan mobil atau motor dan pengguna cukup menunggunya datang.  

“Uber telah bertumbuh dan menjadi layanan kunci di berbagai belahan dunia. Kami senang mengumumkan bahwa jutaan pengguna aktif kami bisa dengan mudah memesan transportasi yang terpercaya lewat ekosistem BBM,” kata CEO of Creative Media Works yang tak lain menjalankan BBM, Matthew Talbot.

Selain Uber, menu Discover memungkinkan pengguna mengeksplor ekosistem konten dan layanan BBM yang lebih luas. Hal ini untuk memberikan fungsi tambahan ke pengguna selain chatting, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (19/12/2017), dari CrackBerry.

“Kami bersemangat bekerja sama dengan BBM sebagai mitra pertama kami di Asia Pasifik. Dengan ini, pengguna BBM bisa memesan armada Uber dengan lebih cepat,” kata General Manager Uber Southeast Asia, Chan Park.

Khusus di Indonesia, pengguna BBM menerima manfaat tambahan melalui channel resmi “Uber Indonesia” (PIN: C001E6536). Pengguna yang baru memesan Uber via BBM bisa menikmati tumpangan gratis alias free ride sebanyak tiga kali dengan nilai Rp 20.000. Promo ini berlaku hingga 28 Februari 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com