Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Oppo A83 Pakai Layar "Kekinian" dan Berfitur Mirip iPhone X

Kompas.com - 27/12/2017, 19:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun, Oppo merilis seri "A83" yang sudah ramai dibicarakan sejak beberapa pekan lalu. Lini tersebut tak lagi mematrikan pemindai sidik jari alias fingerprint scanner untuk membuka smartphone.

Sebagai gantinya, Oppo A83 menghadirkan fitur keamanan berdasarkan wajah pengguna atau disebut face unlock. Mekanismenya kurang lebih sama dengan fitur FaceID pada iPhone X buatan Apple.

Fitur face unlock di Oppo A83 diklaim bisa mengidentifikasi 128 komponen wajah dan membuka smartphone hanya dalam 0,18 detik. Jika benar, kecepatannya lebih andal ketimbang OnePlus 5T yang membutuhkan lima detik untuk membuka smartphone.

Smartphone kelas menengah itu dikatakan mengusung layar "kekinian" alias bezel-less dengan aspek rasio 18:9 yang populer di kalangan ponsel premium. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD Plus 720 x 1440 piksel.

Adapun "jeroan" Oppo A83 mengandalkan prosesor octa-core Helio P23 dengan kecepatan clock 2,5 GHz. Kapasitas penyimpanannya terhitung standar 32 GB yang dipadankan dengan RAM 4 GB.

Kamera Oppo A83 memakai sensor berkualitas 13 megapiksel, tetapi diklaim bisa membidik foto hingga 50 megapiksel. Kamera utama itu ditemani kamera selfie dengan sensor berkualitas 8 megapiksel, yang dilengkapi fitur kecerdasan buatan "AI Beauty".

Spesifikasi lain dari Oppo A83 mencakup baterai 3.180 mAh, sistem operasi Android Nougat 7.1, dan sistem antarmuka ColorOS 3.2, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (27/12/2017), dari Gizmochina.

Lini yang menyasar kelas menengah ke bawah ini dibanderol seharga 214 dollar AS atau sekitar Rp 2,9 jutaan. Ada dua varian yang bisa dipilih, yakni gold dan black. Belum jelas kapan lini ini tersedia di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com